Share

7 Pesepak Bola yang Namanya Diabadikan untuk Penghargaan, Nomor 1 Gelar Bergengsi Bagi Seorang Kiper

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 51 2596117 7-pesepak-bola-yang-namanya-diabadikan-untuk-penghargaan-nomor-1-gelar-bergengsi-bagi-seorang-kiper-cGL8DWdvPR.jpg 7 pesepak bola yang namanya diabadikan untuk penghargaan (Foto: Reuters)

SEBANYAK 7 pesepak bola yang namanya diabadikan untuk penghargaan akan diulas pada artikel ini. Di balik pemilihan nama penghargaan tersebut dengan menggunakan nama pesepak bola, juga tidak sembarangan.

Selain pesepak bola yang dimaksud memiliki prestasi luar biasa, pemain sepak bola tersebut juga sudah berkontribusi lebih bagi sepak bola dunia. Lantas siapa saja pesepak bola yang namanya diabadikan untuk sebuah penghargaan?

Berikut 7 pesepak bola yang namanya diabadikan untuk penghargaan:

7. Pichichi Trophy

Pichichi trophy

(Lionel Messi dan Pichichi Trophy)

Di urutan ketujuh ada Pichichi Trophy. Penghargaan ini disematkan kepada pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol dalam satu musim.

Pencetak gol terbanyak ini dipersembahkan oleh salah satu media lokal Spanyol, Marca kepada pesepak bola yang bisa jadi top skor. Nama Pichichi ini diambil dari pesepak bola Athletic Bilbao, Rafael ‘Pichihci’ Moreno, yang dikenal tajam di depan gawang lawan. Hanya saja, kariernya tak panjang, lantaran meninggal dunia di usia 29 tahun pada 1922.

6. Zarra Trophy

Zarra Trophy

(Gerard Moreno mendapat Zarra Trophy)

Selanjutnya ada Zarra Trophy. Ya, penghargaan ini tidak beda jauh dengan Pichichi Trophy. Hanya saja, penghargaan ini disematkan untuk pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol khusus pemain berkebangsaan Spanyol saja.

Nama Zarra sendiri diambil dari salah satu legenda Athletic Bilbao, Telmo Zarra. Dirinya diketahui sebagai pencetak gol terbanyak dengan 332 gol untuk Athletic Bilbao. Sebab demikian, penghargaan atas nama Zarra pun masih berkaitan dengan pencetak gol terbanyak.

5. Johan Cryuff Shield

Johan Cruyff

(Johan Cryuff Shield atau Piala Super Belanda)

Di urutan kelima, ada Johan Cruyff Shield atau Piala Super Belanda. Ya, penghargaan ini merupakan diberikan kepada pemenang dari kompetisi lokal di Belanda. Sama halnya dengan Community Shield di Inggris, pemenang Liga Belanda akan diadu melawan juara Piala Belanda.

Pemenang laga itu mendapatkan piala Johan Cryuff Shield. Dipilihnya nama Johan Cryuff ini tentu diambil karena kehebatan Johan Cryuff di dunia sepakbola, terutama untuk negara tercintanya, Belanda.

Nama Johan Cryuff juga tidak hanya harum di Belanda, melainkan juga dunia. Johan Cryuff sendiri diketahui sudah menyabet sejumlah gelar bergengsi, salah satunya Ballon dOr pada tahun 1971, 1973, dan 1974.

4. Jules Rimet

Juleas Rimet

Kemudian, ada Jules Rimet, salah satu trofi bergengsi asal mula dari trofi Piala Dunia. Ya, awal trofi ini berawal dari kontribusi seorang Coupe Jules Rimet, yang merupakan Presiden FIFA terlama sepanjang sejarah.

Ketika itu, Jules Rimet menjabat sebagai Presiden FIFA sejak 1921 hingga 1954. Berkat kontribusi di dunia sepak bola, nama Jules Rimet pun diabadikan sebagai nama trofi Piala Dunia. Meski sempat mengalami cerita tragis, salah satunya dicurinya Piala Jules Rimet pada Piala Dunia 1966, namanya akan dikenang sepanjang masa.

3. Landon Donovan MVP Award

Landon MVP

(Carlos Vela mendapat Landon Donovan MVP Award)

Tak jauh berbeda denhan Johan Cruyff Shield, Landon Donovan MVP award ini juga merupakan penghargaan lokal tertinggi kepada pemain terbaik, yang merumput di Liga Amerika Serikat. Pemberian nama penghargaan MVP ini disematkan sejak 2015.

Hal itu dipilih lantaran Landon Donovan merupakan salah satu pesepak bola tersukses di Amerika Serikat. Namanya telah melalang buana ke berbagai penjuru dunia.

Sampai memutuskan gantung sepatu pada 2019 silam, Landon Donovan sudah menyabet enam gelar Liga Amerikat Serikat. Selain itu ia pernah menjadi pemain terbaik Amerika Serikat sebanyak empat kali.

2. Puskas Award

Puskas Award

(Pemain Malaysia, Mohd Faiz Subri mendapat Puskas Award)

Berbeda dari penghargaan sebelumnya, nama Puskas Award ini dianugerahkan kepada pesepak bola yang bisa mencetak gol indah dalam satu musim. Penghargaan ini baru diakui Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) pada 2009.

Ketika itu, Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang meraih Puskas Award 2009. Selain itu, Mohd Faiz Subari, salah satu pesepak bola Malaysia pernah meraih penghargaan ini pada 2017. Nama Puskas Award sendiri diambil dari legenda Hungaria, Ferenc Puskas, yang pernah bermain untuk Real Madrid.

1. Lev Yashin Award

Lev Yashin Award

(Alisson Bekcer mendapat Lev Yahsin Award)

Di urutan pertama ada Lev Yashin Award. Ya, penghargaan satu ini sangat bergengsi bagi seorang kiper. Pasalnya, penghargaan ini memang disematkan khusus untuk para penjaga gawang yang bermain apik selama satu musim.

Nama penghargaan ini pun diambil dari seorang pesepak bola legenda bernama Lev Yashin. Ya, Lev Yashin sendiri merupakan penjaga gawang terbaik sepanjang masa. Bagaimana tidak, selama kariernya ia menjadi satu-satunya kiper yang pernah meraih trofi Ballon dOr.

Kiper berdarah Uni Soviet itu meraih Ballon dOr pada 1963. Dirinya meraih penghargaan bergengsi bagi pesepak bola dunia itu ketika berseragam Dinamo Moskowa. Berkat torehannya, nama Lev Yeshin diabadikan dalam penghargaan, karena sampai sekarang belum ada lagi penjaga gawang yang bisa meraih Ballon dOr.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini