Share

4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang, Nomor 1 Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 08 Mei 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 08 51 2590557 4-pemain-timnas-indonesia-yang-sempat-mencicipi-kerasnya-liga-jepang-nomor-1-pemain-muda-terbaik-piala-aff-2020-V1FbYJDtsi.jpg Berikut empat pemain Timnas Indonesia yang sempat mencicipi kerasnya Liga Jepang (Foto: PSSI)

4 pemain Timnas Indonesia yang sempat mencicipi kerasnya Liga Jepang, akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia kerap dihuni pemain-pemain dengan bakat luar biasa yang menarik perhatian klub-klub luar negeri.

Beberapa pemain Timnas Indonesia pun sempat merumput di luar negeri. Salah satu kompetisi yang menjadi tujuan para pemain Timnas Indonesia adalah Liga Jepang. Berikut empat pemain Timnas Indonesia yang sempat mencicipi kerasnya Liga Jepang:

4. Ricky Yacobi

4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang

(Ricky Yacobi saat diwawancara, foto: Okezone)

Mendiang Ricky Yacobi merupakan pesepakbola pertama Indonesia yang merumput di Liga Jepang. Ricky Yacobi diboyong klub asal Jepang, Matsushita, pada 1988. Matshushita bisa dibilang salah satu klub besar Jepang. Perlu diketahui, Matsushita berganti nama menjadi Gamba Osaka pada 1991.

Gamba Osaka tercatat dua kali menjadi kampiun Liga Jepang pada 2005 dan 2014. Bahkan pada 2008, mereka keluar sebagai kampiun Liga Champions Asia! Akan tetapi, karena kendala cuaca, Ricky Yacobi kesulitan bersinar. Dari enam pertandingan bersama Matsushita, Ricky Yacobi cuma mencetak satu gol. Dari sinilah, mulai ada pemain-pemain Tanah Air lain yang merumput di Negeri Sakura.

3. Irfan Bachdim

4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang

(Irfan Bachdim waktu main di Jepang, foto: Istimewa)

Operator kompetisi Liga Jepang sempat mewajibkan klub-klub Liga Jepang untuk mengontrak pemain-pemain asal Asia Tenggara. Oleh sebab itu, Irfan Bachdim sempat menjajal karier di Jepang bersama dua klub berbeda, Consadole Sapporo dan Ventrofet Kofu.

Irfan Bachdim sempat satu tahun (2014-2015) bersama Ventrofet Kofu yang mentas di kasta teratas Liga Jepang. Namun, ia kalah bersaing karena hanya dua kali tampil dan gagal mencetak satu gol pun.

Kemudian pada 2015-2017, Irfan Bachdim membela klub kasta kedua Liga Jepang, Consadole Sapporo. Selama dua tahun di sana, Irfan Bachdim turun dalam 10 laga dengan catatan satu assist. Kemudian pada awal 2017, Irfan Bachdim balik ke Indonesia untuk membela Bali United.

2. Stefano Lilipaly

4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang

(Stefano Lilipaly bela Bali United, foto: Twitter/@Liga1Match)

Stefano Lilipaly membela Consadole Sapporo pada 2014. Ketika Irfan Bachdim merumput bersama Ventrofet Kofu, Stefano Lilipaly berkarier di Consadole Sapporo yang kala itu mentas di kasta kedua sepakbola Jepang.

Stefano Lilipaly tercatat hanya satu kali turun, itu pun di ajang Piala Emperor. Hasilnya, Stefano Lilipaly mengemas satu assist di laga tersebut sekaligus membantu sang klub menang 5-0 atas Tonan Maebashi.

Tak berkembang di Jepang, Stefano Lilipaly gabung Persija Jakarta untuk mengarungi Liga Indonesia 2015. Sayangnya, kompetisi berhenti di awal musim karena hukuman dari FIFA dijatuhkan ke PSSI, imbas adanya campur tangan pemerintah.

Sejak 2017, Stefano Lilipaly main untuk Bali United. Selama membela Bali United, Stefano Lilipaly dua gelar juara Liga 1 (2019 dan 2022).

1. Pratama Arhan

4 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Mencicipi Kerasnya Liga Jepang

(Pratama Arahan saat latihan, foto: Istimewa)

Pratama Arhan diboyong klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy, dari PSIS Semarang dengan kontrak permanen pada pertengahan musim 2021-2022. Menurut laman transfermarkt, bek kiri berumur 20 tahun itu direkrut secara gratis.

Pratama Arhan pun sedang berjuang untuk menembus tim utama Tokyo Verdy. Sejak pindah hingga sekarang, pemenang Pemain Muda terbaik Piala AFF 2020 itu belum mencatatkan satu penampilan pun untuk Tokyo Verdy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini