Share

Dapat Tekanan dari Fans Persija Jakarta, Thomas Doll Justru Makin Termotivasi untuk Berikan yang Terbaik

Maulana Yusuf, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 49 2589758 dapat-tekanan-dari-fans-persija-jakarta-thomas-doll-justru-makin-termotivasi-untuk-berikan-yang-terbaik-hfzhdSCb3e.jpg Fans Persija Jakarta. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pelatih baru Persija Jakarta, Thomas Doll tampaknya tak keberatan mendapatkan begitu banyak tekanan dari Jakmania –sebutan fans Persija. Malahan ia merasa senang karena tekanan itu justru semakin memacu dirinya untuk memberikan yang terbaik untuk Persija.

Menurut pelatih asal Jerman itu, Jakmania telah memberikan tuntutan kepadanya agar dapat membawa Macan Kemayoran –julukan Persija- dapat meraih prestasi di musim depan. Namun, tekanan itu dapat dijadikan sebagai motivasi bagi dirinya.

“Menurut saya tekanan dari suporter bisa jadi motivasi agar kami bisa memberikan yang terbaik untuk tim sebesar Persija,” papar Doll, dilansir dari laman resmi Persija, Kamis (5/5/2022).

Thomas Doll

Di sisi lain, lanjut pria berusia 56 tahun itu, Jakmania disebut sebagai pendukung yang setia. Oleh karenanya, Doll kagum terhadap mereka. Apalagi, Jakmania sebagai salah satu fanbase terpopuler di Indonesia.

“Ketika saya melihat beberapa laga, khususnya sebelum pandemi, saya takjub dengan suporter setia Persija,” imbuh Doll.

Terlebih, kata Doll, Persija adalah salah satu tim besar di kompetisi Liga Indonesia. Sehingga, dia menyadari bahwa menjadi hal yang biasa ketika mendapatkan tekanan dari pendukung fanatik klubnya.

“Jadi memang sudah seharusnya semua sadar ketika bermain untuk tim besar, semua pasti akan merasakan tekanan. Tekanan itu tidak hanya untuk pelatih, tapi juga untuk pemain,” tutur pelatih asal Jerman.

“Buat saya, tekanan adalah hal yang sering saya rasakan baik saat menjadi pemain dan pelatih. Bahkan beberapa kali di tim yang juga besar seperti Persija. Jadi saya hanya bisa bilang saya siap. Saya siap untuk tantangan besar ini untuk melatih di Indonesia,” ujar juru taktik berusia 56 tahun itu.

Meski begitu, Doll bertekad menjadikan tekanan itu sebagai energi positif untuk mempersembahkan permainan terbaik di hadapan Jakmania. Pasalnya, jika itu bisa dilakukan, maka Doll yakin Jakmania akan memberikan respon positif.

Thomas Doll

“Kami harus bisa mengubah tekanan tersebut menjadi energi positif. Itu artinya pemain harus bermain dengan kepercayaan diri dan berani. Ketika mereka (suporter) melihat kami bermain dengan penuh semangat dan terlihat ingin memberikan segalanya untuk tim ini, maka saya yakin para pendukung akan memberikan dukungan terbaik,” tambah Doll.

Doll pun dikabarkan akan mencoba merekrut pemain asing baru, terutama untuk mengisi posisi lini depan Persija. Pasalnya Persija kini tak memiliki pemain asing spesialis pencetak gol usai ditinggalkan Marko Simic.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini