Share

Liga 1 2021-2022 Berakhir dengan Baik, Menpora Zainudin Amali: Semoga Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 49 2571512 liga-1-2021-2022-berakhir-dengan-baik-menpora-zainudin-amali-semoga-bisa-perkuat-timnas-indonesia-m78HGpmYh8.jpg Menpora Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

GIANYAR - Mentei Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali menyambut positif berakhirnya Liga 1 2021-2022 yang dianggap selesai dengan baik. Ia pun berharap dengan bergulirnya kembali kompetisi sepakbola dapat membuat para pemain semakin terasah hingga memperkuat pondasi dari Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Sebagaimana diketahui, kompetisi sepakbola di Indonesia sempat berhenti selama lebih dari satu tahun. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah karena pandemi Covid-19.

Namun, bergulirnya Piala AFF 2020 silam membuat para pemangku kepentingan sepak bola harus mengambil sikap. Pasalnya, Shin Tae-yong dan jajarannya harus memilih pemain untuk skuad Timnas Indonesia pada kompetisi tersebut.

Bali United juara Liga 1 2021-2022

Dengan kompetisi Liga 1 yang baru berjalan, Shin Tae-yong berhasil memanfaatkan sedikit waktu untuk menyortir pemain untuk Timnas Indonesia. Alhasil, Timnas Indonesia pun berbicara sampai final Piala AFF 2020.

Sebab itu, Menpora Amali pun menyinggung soal betapa pentingnya berjalannya kompetisi terhadap keberlangsungan Timnas Indonesia. dengan bergulirnya kompetisi kasta tertinggi, Menpora Amali ingin Timnas Indonesia lebih kuat di kemudian hari.

“Kompetisi ini kita perlukan sebagai tempat mengukur sejauh mana pembinaan sepakbola kita di Tanah Air, akhir dari kompetisi adalah terbentuknya Timnas ynag tangguh yaitu Timnas Indonesia yang menjadi kebanggaan kita semua,” kata Menpora Amali kala menghadiri acara penutupan Liga 1 di Stadion Kapten Wayan Dipta, Gianyar, dikutip Jumat (1/4/2022).

“Kompetisi ini penting buat pembentukan Timnas, mereka latihan saja tidak akan teruji, tidak akan terlihat hasil dari latihan mereka selama ini, dan kita butuh tim nasional yang tangguh melalui hasil kompetisi ini,” tambahnya.

Menpora Amali juga mengakui bahwa banyak rintangan yang menghadang kala dirinya ingin memulai kembali gelaran Liga 1. Namun, berkat kerja sama dengan berbagai pihak, kompetisi Liga 1 bisa tetap berjalan.

Menpora Zainudin Amali (Ilham Sigit/MPI)

“Memang di awal kompetisi banyak yang meragukan, banyak suara-suara yang ‘aduh jangan sekarang lagi covid dan sebagainya,” terang Menpora Amali.

“Tetapi itu saya komunikasi dengan PSSI dan PT LIB (Liga Indonesia Baru), dan pihak kepolisian serta pihak kesehatan, bisa asal prokesnya dijaga dengan ketat, alhamdulillah hari ini kita tutup liga ini,” tambahnya.

Liga 1 2021-2022 berakhir dengan memastikan Bali United keluar sebagai juara. Sementara itu, Persela Lamongan, Persiraja Banda Aceh, dan Persipura Jayapura menjadi tiga tim yang terdegradasi ke Liga 2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini