Share

Piala Dunia 2022 Siap Digelar, Presiden FIFA: Semoga Ini Jadi Momen Pemersatu Bangsa

Maulana Yusuf, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 51 2569162 piala-dunia-2022-siap-digelar-presiden-fifa-semoga-ini-jadi-momen-pemersatu-bangsa-kEz2i7wDQX.jpg Trofi Piala Dunia. (Foto: Reuters)

DOHA Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar kini tinggal beberapa bulan lagi. Presiden FIFA, Gianni Infantino pun berharap pesta sepakbola terbesar di dunia itu bisa menjadi momen pemersatu bangsa-bangsa di tengah adanya konflik antar negara.

Saat berpidato di Forum Doha ke-28, Infantino mengatakan Piala Dunia kali ini akan menjadi ajang untuk mengingatkan komunitas global tentang prinsip-prinsip inti persatuan, solidaritas, dan inklusi.

“Piala Dunia FIFA ini akan menjadi kesempatan unik untuk mencoba menyatukan dunia, dan kita perlu menggunakan nilai-nilai positif yang dimiliki olahraga,”ujar Infantino, dilansir dari situs resmi FIFA, Senin (28/3/2022).

Presiden FIFA, Gianni Infantino

Infantino menilai Piala Dunia tahun ini memiliki banyak nilai positif. Bukan hanya itu, dia menilai saat ini ada kemajuan di dunia sepakbola. Pasalnya, banyak toleransi dan solidaritas yang tercipta di berbagai negara, khususnya Qatar dan negara-negara lainnya.

“Lihatlah apa yang telah dilakukan Piala Dunia FIFA di Qatar dalam hal hak-hak pekerja. Atau di Iran, di mana wanita sekarang diizinkan masuk ke stadion sepakbola, dan ini tidak diizinkan selama 40 tahun,” kata Infantino.

“Dan di Arab Saudi, di mana ada liga wanita sekarang, wanita bermain sepakbola. Ini penting. Itu adalah pesan, dan pesan yang sangat terlihat,” imbuh Infantino.

Karena itu, Infantino menilai dunia sepakbola saat ini perlu didukung oleh semua pihak. Terkhusus pada ajang Piala Dunia kali ini, Infantino menginginkan kepada bangsa-bangsa agar dapat mengambil sisi positifnya, menjadi pemersatu di antara perpecahan sekelompok negara.

Trofi Piala Dunia

Sebatas informasi, Piala Dunia 2022 akan mulai bergulir pada akhir tahun ini. Dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022.

Sesuai dengan rencananya, Qatar dipastikan menjadi tuan rumah pesta akbar sepakbola sejagat raya itu. Sejauh ini pun sudah ada 20 negara yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 dan sisa 12 slot masih diperjuangkan oleh berbagai negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini