Share

Timnas Kuwait Tiba-Tiba Ganti Pelatih, Kesempatan Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Asia 2023 Makin Besar?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 51 2557822 timnas-kuwait-tiba-tiba-ganti-pelatih-kesempatan-timnas-indonesia-lolos-kualifikasi-piala-asia-2023-makin-besar-bj1Ab5tX36.jpg Timnas Kuwait resmi tunjuk Vitezlav Lavicka sebagai pelatih baru. (Foto: Twitter/KuwaitFA)

KUWAIT CITY – Tim Nasional (Timnas) Kuwait dipastikan telah resmi mengganti pelatihnya jelang Kualifikasi Piala Asia 2023. Pergantian pelatih itu pun tentu akan mempengaruhi permainan Kuwait, maka apakah peluang Timnas Indonesia untuk lolos Kualifikasi Piala Asia 2023 akan semakin besar?

Pengumuman itu disampaikan melalui akun Twitter resmi Timnas Kuwait pada Senin (7/3/2022). Dari posting-an itu, Kuwait telah resmi mengganti pelatih sebelumnya, yakni Carlos Gonzalez asal Spanyol. Kini tim asal Asia Tengah ini dibesut oleh pelatih asal Republik Ceko, Vitezlav Lavicka.

Berdasarkan laman transfermarkt, pelatih berusia 58 tahun itu memiliki pengalaman melatih selama 1,65 tahun. Kebanyakan dia melatih klub lokal Ceko sejak 2002 hingga 2021.

Pelatih anyar Timnas Kuwait, Vitezlav Lavicka

Dari segi statistik, Vitezlav telah menangani tim dalam 478 laga. Dari total itu, dia meraih kemenangan sebanyak 239 kali, 117 kali imbang, dan 122 kekalahan.

Selama kariernya menjadi pelatih, Vitezlav meraih beberapa kali prestasi. Di antaranya yakni meraih dua kali juara Liga 1 Ceko (AC Sparta Praha, FC Slovan Liberec) dan satu kali juara Piala Ceko (AC Sparta Praha).

Vitezlav Lavicka juga pernah membesut tim besar Australia, Sydney FC pada 2009-2011. Dalam kesempatan itu Vitzlav membawa klub tersebut juara Liga 1 Australia.

Sang pelatih tak mau lama-lama berleha-leha. Dia langsung mengagendakan persiapan Timnas Kuwait jelang menghadapi putaran ketiga Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni mendatang.

Persiapan yang diagendakan di antara lain uji coba dengan dua Negara Eropa. Meski begitu, belum ada kabar terbaru negara mana yang akan dihadapi.

Terdekat mereka juga memiliki agenda FIFA Matchday pada Maret ini. Calon lawan mereka adalah Latvia yang menduduki peringkat 135 FIFA, dan Malta di peringkat 174.

Kuwait sendiri tergabung dalam grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Selain dengan Indonesia, ada juga Yordania, dan Nepal.

Ini bisa jadi kesempatan bagi Indonesia yang mana memiliki persiapan lebih lama di bawah asuhan Shin Tae-yong. Bukan tidak mungkin saat kedua tim bertemu, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Kuwait yang belum padu.

Menang atas Kuwait jelas akan sangat menguntungkan Timnas Indonesia. Sebab di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Kuwait dan Yordania adalah lawan terberat skuad Garuda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini