Share

5 Penyebab Timnas Indonesia Bakal Ungguli Yordania dan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 28 Februari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 51 2554003 5-penyebab-timnas-indonesia-bakal-ungguli-yordania-dan-kuwait-di-kualifikasi-piala-asia-2023-DgrnrH98Sn.jpg Berikut lima penyebab Timnas Indonesia bakal ungguli Kuwait dan Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023 (Foto: AFF Suzuki Cup)

TIMNAS Indonesia akan mentas di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Juni mendatang. Sekadar informasi, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Kuwait (tuan rumah), Nepal, dan Yordania.

Timnas Indonesia seharusnya bisa mengatasi Nepal, tetapi pasukan Shin Tae-yong harus berjuang keras untuk meraup poin dari Kuwait dan Yordania. Jika tidak meraih hasil positif dari dua tim itu, peluang Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 akan mengecil.

Sebab, hanya ada 11 tiket tersisa untuk putaran final Piala Asia 2023. Rinciannya adalah enam untuk juara grup, sedangkan sisanya menjadi milik lima runner-up terbaik. Timnas Indonesia minimal bisa lolos melalui jalur lima runner-up terbaik.

Untuk melakukannya, hasil positif perlu didapatkan dari Kuwait dan Yordania yang di atas kertas lebih kuat. Menurut Okezone, ini lima penyebab Timnas Indonesia bakal ungguli Yordania dan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023:

5. Timnas Indonesia dalam Tren Positif

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia sedang dalam tren positif usai menjadi runner-up Piala AFF 2020 dengan skuad mudanya. Sebagian besar pemain, yang mentas di Piala AFF 2020, diprediksi akan menjadi tumpuan di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Selain itu, mental pantang menyerang, yang ditempa di Piala AFF 2020, juga akan berperan penting di Kualifikasi Piala Asia 2023. Oleh sebab itu, Timnas Indonesia punya modal untuk menghadapi tim yang lebih kuat, seperti Kuwait dan Yordania.

4. Permainan Timnas Indonesia Makin Matang

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Setelah Piala AFF 2020, permainan Timnas Indonesia dapat dikatakan naik level. Sebab, permainan Skuad Garuda dinilai telah berkembang selama mentas di Piala AFF 2020.

Berbagai strategi dipakai Timnas Indonesia untuk melawan tim dengan karakter yang berbeda-beda di Piala AFF 2020. Hampir semuanya berakhir dengan hasil positif, kecuali kekalahan telak dari Thailand pada leg I final yang membuat Timnas Indonesia gagal juara. Saat mentas di Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia seharusnya bisa tampil lebih baik lagi.

3. Pengalaman Shin Tae-yong

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia dilatih ole Shin Tae-yong yang pernah memimpin Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Pengalaman juru taktik dari Negeri Gingseng itu tentu akan membantu Timnas Indonesia saat mentas di Kualifikasi Piala Asia 2023. Shin Tae-yong tentu tahu apa yang dibutuhkan untuk membawa Timnas Indonesia meraih hasil positif dari setiap lawan di Grup A, terutama Kuwait dan Yordania.

2. Taktik Shin Tae-yong

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang menyesuaikan diri dengan lawan. Oleh sebab itu, di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia kerap tampil dengan taktik berbeda, tetapi tidak kehilangan jati diri permainan yang dimau Shin Tae-yong.

Saat melawan Nepal, Timnas Indonesia mungkin akan bermain terbuka. Akan tetapi, pendekatan berbeda tentu akan dilakukan Timnas Indonesia ketika melawan Kuwait dan Yordania yang lebih kuat. Shin Tae-yong diyakini akan memikirkan cara untuk meraih hasil positif dari dua tim kuat itu.

1. Hadirnya Pemain Keturunan Baru di Timnas Indonesia

Sandy Walsh (Foto: Instagram/@sandywalsh)

Pasukan Shin Tae-yong kemungkinan besar akan mendapatkan tambahan kekuatan dengan hadirnya tiga pemain keturunan anyar, yaitu Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Mereka berposisi sebagai bek.

Pemain-pemain itu sedang diproses untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Akan tetapi, proses Sandy Walsh dan Jordi Amat mungkin akan selesai lebih dulu karena sudah diproses sejak tahun lalu. Sementara itu, Shayne Pattynama baru menyerahkan dokumen yang dibutuhkan untuk naturalisasi.

Selain tiga pemain itu, kabarnya ada satu pemain naturalisasi lain yang diincar PSSI. Kehadiran para pemain keturunan diharapkan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia sehingga bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini