Share

5 klub yang Hasilkan Banyak Uang dari Penjualan Pemain Akademi, Nomor 2 Masuk Daftar Klub Terkaya di Dunia

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 51 2554939 5-klub-yang-hasilkan-banyak-uang-dari-penjualan-pemain-akademi-nomor-2-masuk-daftar-klub-terkaya-di-dunia-uDOqujUIim.jpg 5 klub yang hasilkan banyak uang dari penjualan pemain akademi (Foto: UEFA)

SEBANYAK 5 klub yang menghasilkan banyak uang dari penjualan pemain akademi menarik untuk diulas. Sepakbola memang bukan hanya soal persaingan klub. Namun, juga ada sisi bisnis, yang menghidupkan perekonomian sebuah klub.

Banyak cara untuk mencari keuntungan, agar neraca keungan klub tidak minus. Selain dengan menggaet sponsor, para klub juga melakukan transaksi jual beli seorang pemain.

Bukan hanya jualan pemain bintang, beberapa klub juga jadi penyuplai pemain akademi untuk diorbitkan menjadi seorang pemain hebat.

Bahkan, ada klub yang rela melepas pemain didikannya, demi mencari cuan untuk finansial klub. Lantas siapa saja klub yang bisa sering melego pemain akademinya?

Berikut 5 klub yang hasilkan banyak uang dari penjualan pemain akademinya.

5. Olympique Lyon (Rp4,32 triliun)

Olympique Lyon

Salah satu klub raksasa Prancis, Olympique Lyon berada di urutan kelima. Tim berjuluk Les Gone itu sudah menghasilkan Rp4,32 triliun dari penjualan pemain mudanya. Di antaranya, Samuel Umtiti, Nabil Fekir, Anthony Martial, dan teranyar, Alexandre Lacazette.

Khusus untuk Alexandre Lacazette, Lyon berhasil meraup keuntungan Rp850 miliar, setelah menjualnya ke Arsenal pada 2017. Pemain berkepala plontos itu sendiri meninggalkan Lyon setelah mengabdi di Prancis sejak 2007.

4. Ajax Amsterdam (Rp4,54 triliun)

Ajax Amsterdam

Klub asal Belanda ini memang dikenal memiliki akademi yang berkualitas. Banyak jebolan pemain muda Ajax Amsterdam melanglang buana ke banyak klub Eropa. Sebut saja pemain seperti Frenkie de Jong yang ditebus Barcelona dengan mahar 86 juta euro atau sekira Rp1,38 triliun pada 2019.

Selain itu, bek muda Belanda, Matthijs de Ligt yang dibajak oleh Juventus pada 2019, sebesar 85,5 juta euro atau sekira Rp1,37 triliun. Gelontoran uang yang didapat makin memperkaya Ajax Amsterdam, dengan total penjualan mencapai Rp4,54 triliun sejauh ini.

3. AS Monaco (Rp4,57 triliun)

AS Monaco

Di urutan ketiga, ada rival Olympique Lyon, yaitu AS Monaco. Salah satu klub asal Prancis ini disinyalir menuai keuntungan hingga Rp4,57 triliun. Penjualan termahal AS Monaco adalah ketika melego Kylian Mbappe ke Paris Saint-Germain (PSG) pada 2018.

Sebelum resmi berseragam PSG, AC Monaco lebih dulu meminjamkan penyerang 23 tahun itu ke Les Parisiens pada 2017.

Dinilai berkontribusi banyak bagi PSG, AC Monaco akhirnya melepas pemain berdarah Prancis itu dengan mahar 145 juta euro atau sekira Rp2,32 triliun ke PSG.

2. Real Madrid (Rp5,30 triliun)

Real Madrid

Di urutan kedua ada Real Madrid, salah satu klub terkaya di dunia. Berbeda dari tiga klub sebelumnya, Los Galacticos (julukan Real Madrid) sebenarnya tidak banyak menghasilkan pemain bintang dari akademinya. Namun, menurut beberapa sumber, Los Galacticos ternyata bisa meraup Rp5,30 triliun dari penjualan pemain mudanya.

Salah satu yang cukup fantastis adalah kepindahan Alvaro Morata ke Chelsea pada 2017. Ia dibuang setelah diboyong kembali dari Juventus. Hal itu cukup membuat neraca keungan Real Madrid terbantu. Ketika itu, The Blues (julukan Chelsea) menebus Morata dengan mahar 66 juta euro (Rp1,06 triliun).

1. Benfica (Rp6,08 triliun)

Benfica

Klub raksasa Portugal, Benfica menempati urutan pertama, berpenghasilan terbanyak dari penjualan pemain mudanya. Tercatat sejak 2015, Benfica sudah mendapatkan Rp6,08 triliun setelah melego beberapa pemain akademinya.

Penjualan termahal, ketika Benfica memutuskan membuang Joao Felix ke Atletico Madrid pada 2019. Pemain 22 tahun itu dilepas dengan mahar 127,2 juta euro atau sekira Rp2,04 triliun. Keputusan itu menuai kritik banyak. Sebab, ketika itu usia Joao Felix masih 19 tahun. Tiga tahun di Atletico Madrid, dirinya belum banyak berkontribusi banyak untuk Los Rojiblancos (julukan Atletico Madrid).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini