Share

Hasil Piala Afrika 2021: Menang Adu Penalti atas Burkina Faso, Kamerun Rebut Tempat Ketiga

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Minggu 06 Februari 2022 04:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 51 2542969 hasil-piala-afrika-2021-menang-adu-penalti-atas-burkina-faso-kamerun-rebut-tempat-ketiga-XOSQlL8oIQ.JPG Kamerun rebut tempat ketiga di Piala Afrika 2021 usai kalahkan Burkina Faso. (Foto: Reuters)

YAOUNDE – Tim Nasional (Timnas) Kamerun berhasil mengamankan tempat ketiga di Piala Afrika 2021 usai menang penalti 5-3 atas Burkina Faso pada Minggu (6/2/2022) dini hari WIB. Laga berlanjut ke babak penalti usai di waktu normal kedua tim sama kuat 3-3.

Kamerun benar-benar tampil luar biasa untuk bisa merebut posisi ketiga di Piala Afrika 2021. Bagaimana tidak, sebelum bisa imbang 3-3, Kamerun sejatinya sempat tertinggal 0-3 dari Burkina Faso.

Kendati demikian, Kamerun tak pantang menyerah dan terus berusaha bangkit hingga akhirnya tiga gol tercipta sebelum pertandingan berakhir. Setelah 90 menit tanpa pemenang, laga lantas berlanjut langsung ke babak adu penalti dan Kamerun pun menang 5-3.

Burkina Faso vs Kamerun (Reuters)

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak awal pertandingan, Burkina Faso mampu menunjukan awal yang sangat menjanjikan. Taktik yang digunakan untuk melakukan serangan terbukti efektif membuat Kamerun sangat kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Setelah 15 menit jalan berlangsung, Kamerun mampu menunjukan awal yang lebih baik dan dari sebelumnya. Beberapa peluang berhasil didapatkan, namun Burkina Faso mampu membuat sang adik merasa terkejut.

Setelah berbagai percobaan, Burkina Faso mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-24 yang dicetak oleh Steeve Yago menggunakan umpan lambung silang dari Issa Kabore. Burkina Faso pun unggul 1-0.

Menjelang babak pertama berakhir, Kamerun semakin tertinggal setelah Andre Onana melakukan gol bunuh diri pada menit ke-43. Burkina Faso pun unggul 2-0 setelah gol tersebut dan bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Burkina Faso vs Kamerun (Reuters)

Di babak kedua, Kamerun bermain lebih agresif keimbang babak pertama. Sayangnya hal tersebut justru cenderung menguntungkan bagi Burkina Faso setelah pemain Kamerun melakukan tekel keras yang menyebabkannya kerap membuat kesalahan.

Hasilnya, Burkina Faso mampu memperlebar keunggulan pada menit ke 49 bertrand Traore mengirim sebuah umpan jarak jauh ke kepala Djibril Ouattara yang berada di jarak dekat, yang selanjutnya tanpa melakukan kesalahan berhasil memasukkan bola ke sisi kanan gawang.

Kamerun yang tertinggal cukup jauh tak mau menyerah begitu saja dan berusaha memperkecil ketertinggalan. Pada menit 72, Stephane Bahoken mampu mampu memanfaatkan bola rebound dan memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-3.

Lima menit sebelum pertandingan berakhir, Vincent Aboubakar berhasil mencetak dua gol di menit 85 dan 87 yang kini membuat kedudukan menjadi berimbang yang bertahan hingga waktu normal. Pemenang pun akan ditentukan melalui babak penalti.

Babak Penalti

Kamerun akhirnya berhasil menjadi juara ketiga Piala Afrika 2021 secara dramatis setelah melakoni babak adu penalti Tiga penendang pertama Kamerun, Vincent Aboubakar, Nicolas Ngamaleu, dan Karl Ekambi mampu melakukan tugasnya dengan baik.

Sedangkan dari tidak penendang awal Burkina Faso, hanya Issa Kabore, Dan Soumalia Outtara yang mampu mencetak gol. Sedangkan penendang ketiga, Blati Toute gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Selanjutnya, Pierre Kunde mampu mencetak gol kembali bagi Kamerun, dan Steeve Yago untuk Burkina Faso mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ambroise oyongo yang menjadi penendang penentu bagi Kamerun pun sukses menjalankan tugasnya dengan baik, hasilnya. Kamerun sukses menjadi juara ketiga dengan skor 4-3 melalui babak penalti.

Berikut Susunan Pemain:

Burkina Faso (4-2-3-1): Ouedraogo; Yago, Tapsoba, Quattara, Kabire; Ouedrago, Toure, Tapsoba, Sangare, Traore; Ouattara.

Pelatih: Kamoi Malo.

Kamerun (3-5-2): Onana; Onguene, Maukoudi, Mbaizo; Oyyongo, Oum Gouer, Onana, Kunndem Ganago; Bassogobg, Bahoken.

Pelatih: Toni

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini