Share

Penyebab Shin Tae-yong Beri Nomor 10 ke Ronaldo Kwateh dan Angka 7 ke Marselino Ferdinan di Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 51 2539047 penyebab-shin-tae-yong-beri-nomor-10-ke-ronaldo-kwateh-dan-angka-7-ke-marselino-ferdinan-di-laga-timnas-indonesia-vs-timor-leste-QEGVmm4UOQ.jpg Ronaldo Kwateh kenakan jersey nomor 10 di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste. (Foto: PSSI)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebut alasan di balik pemilihan nomor punggung keramat yang dikenakan dua debutan, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan di laga kontra Timor Leste, Kamis 27 Januari 2022 malam WIB. Shin Tae-yong menyebut tak ada alasan kuat di balik pemilihan nomor tersebut.

Shin Tae-yong menilai itu hanya reaksi spontanitas kedua nama di atas. Ketika ada angka 10 dan 7 yang menganggur, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan yang baru berusia 17 tahun memilih angka tersebut.

Shin Tae-yong

Masuk di babak kedua ketika Timnas Indonesia tertinggal 0-1, Marselino Ferdinan tampil mengenakan nomor 7. Sementara itu, di punggung jersey Ronaldo Kwateh terdapat nomor keramat lainnya yakni 10.

Pemberian nomor tersebut bisa dibilang cukup unik. Sebab, biasanya nomor 7 dan 10 digunakan pemain andalan sebuah tim.

Akan tetapi, Shin Tae Yong mengatakan tidak ada alasan khusus mengapa pemain Persebaya Surabaya dan Madura United itu mengenakan dua nomor keramat terebut. Kebetulan, nomor tersebut memang tak bertuan.

BACA JUGA: Dedik Setiawan Jadi Sorotan Netizen di Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, Ini Respons Shin Tae-yong

Sebab, Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri yang mengenakan angka tersebut pada Piala AFF 2020 lalu tidak dipanggil dalam pertandingan ini. Alhasil, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan bisa dengan bebas memilihnya.

"Untuk nomor punggung itu tidak ada arti khusus. Itu hanya keinginan para pemain saja," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pascalaga.

Timnas Indonesia

Selain itu, kedua pemain tersebut mencatatkan rekor sebagai debutan termuda di Timnas Senior Indonesia. Ronaldo Kwateh baru menginjak usia 17 tahun tiga bulan delapan hari, sementara Marselino berumur 17 tahun empat bulan 18 hari.

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh tampil gemilang dengan membawa perubahan permainan Timnas Indonesia menjadi lebih baik pada babak kedua. Bahkan, Ronaldo Kwateh menyumbang satu assist untuk gol penyeimbang yang lahir dari tendangan kaki kiri Ricky Kambuaya pada menit 65.

Setelah itu, Pratama Arhan membawa Indonesia unggul 2-1 lewat titik putih pada menit 73. Kemudian, dua gol kemenangan Timnas Indonesia lainnya didapat lewat gol bunuh diri dua pemain Timor Leste. Alhasil, Timnas Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste.

Selanjutnya, Timnas Indonesia kembali menghadapi Timor Leste. Laga kembali dilangsungkan di Stadion I Wayan Dipta Gianyar pada Minggu, 30 Januari 2022 pukul 19.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini