Share

Terbitkan Buku Pedoman Pembinaan Muda, Persija Jakarta Dapat Bantuan dari Luis Milla

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 49 2538763 terbitkan-buku-pedoman-pembinaan-muda-persija-jakarta-dapat-bantuan-dari-luis-milla-Pnq5mNUPxD.jpg Persija Jakarta. (Foto: Instagram/persija)

DEPOK - Buku Persija DNA yang diterbitkan oleh Persija Jakarta telah resmi diluncurkan hari ini, Kamis (27/1/2022). Buku itu merupakan pedoman pembinaan muda yang digarap oleh tim Persija dan mendapatkan bantuan langsung dari mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, yakni Luis Milla untuk menyelesaikan buku pedoman tersebut.

Pembuatan buku Persija DNA diharapkan bisa menjadi pedoman manajemen klub dalam mencetak pemain berkualitas di masa depan. Selain itu, menurut pernyataan Direktur Pengembangan Persija, Ferry Paulus, buku tersebut berisi ide dan falsafah permainan yang menjadi ciri khas Persija.

“Hari ini kami meluncurkan suatu panduan, yaitu Persija DNA. Persija DNA diharapkan bisa menjadi panduan bagi Persija, khususnya di pembinaan usia muda,” kata Direktur Pengembangan Persija, Ferry Paulus melalui rilis pers, dikutip Kamis (27/1/2022).

Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak

“Kami berharap panduan ini bisa mencetak pemain-pemain yang memiliki masa depan dan berkualitas,” sambungnya.

Tak hanya pemain untuk level klub, buku tersebut diharapkan juga berguna untuk mencetak pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia. Pria yang akrab disapa Bung Ferry itu ingin Persija banyak menyumbangkan pemain untuk Timnas Indonesia.

“Bukan hanya untuk tim utama, tapi semoga bisa berkontribusi untuk tim nasional. Saya harap akan banyak pemain dari Persija nantinya bisa berkiprah di level internasional,” katanya

Proses pembuatan buku tersebut melibatkan kolaborasi dengan pakar-pakar sepak bola di Eropa. Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla ikut terlibat dalam pembuatan buku tersebut.

Selain itu, Persija juga bekerja sama dengan Ekkono pada proses pembuatan buku tersebut. Sekadar informasi, Ekkono adalah program pembinaan pemain muda yang diterapkan oleh lebih dari 40 klub elit Eropa, salah satunya adalah Paris Saint-Germain (PSG).

Persija Jakarta

“Kami juga bekerja sama dengan Ekkono, Ekkono ini juga bekerja sama dengan PSG. Riset-riset kami juga melibatkan Luis Milla, kami berhasil mernagkumnya dan ternyata cocok buat kami,” tambahnya.

Tentu apa yang dilakukan Persija patut diapresiasi. Mereka tidak pelit ilmu untuk memberitagukan bagaimana cara melatih para pemain muda untuk bisa menjadi pesepakbola yang lebih hebat saat beranjak dewasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini