Share

Liga Inggris Perketat Aturan Penundaan Laga Akibat Covid-19, Minimal 4 Pemain Positif

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 45 2538709 liga-inggris-perketat-aturan-penundaan-laga-akibat-covid-19-minimal-4-pemain-positif-oUrsMtFPb1.jpg Laga di Liga Inggris. (Foto: Instagram/@alissonbecker)

LONDON Liga Inggris memperketat aturan soal penundaan laga akibat Covid-19. Dalam aturan baru yang dirilis, setidaknya harus ada minimal empat pemain positif terlebih dahulu, baru satu klub bisa mengajukan penundaan laga.

Perubahan ini berdasarkan kehebohan yang terjadi di kalangan penggemar maupun tim Liga Inggris akhir-akhir ini. Mereka mengecam jadwal pertandingan antara Liverpool melawan Arsenal di babak semifinal Piala Liga Inggris pada awal Januari 2022.

Laga Liverpool vs Arsenal

Saat itu, Jurgen Klopp mengajukan penundaan laga ini karena beberapa pemain dinyatakan positif Covid-19. Akhirnya, dengan segala pertimbangan, pihak Liga mengabulkan permintaan tersebut.

Ternyata, baru ketahuan bahwa pemain Liverpool yang positif Covid hanya Trent Alexander-Arnold. Hal ini pun dikecam banyak pihak, tak terkecuali klub-klub Liga Inggris.

BACA JUGA: Rindu Main di Liga Inggris, Georginio Wijnaldum Kirim Sinyal ke Arsenal?

Pihak Liga Inggris pun mengadakan pertemuan dengan para klub menindaklanjuti kasus ini. Dihasilkan bahwa ke depannya, Liga Inggris akan lebih ketat dalam memutuskan suatu laga berhak ditunda atau dilanjutkan.

BACA JUGA: Karena Telepon Cristiano Ronaldo, si Kembar Rafael dan Fabio Da Silva Yakin Gabung Manchester United

“Menyusul pertemuan klub hari ini (Rabu 26 Januari waktu setempat), panduan penundaan pertandingan COVID-19 Premier League telah berkomitmen untuk memasukkan ambang batas dampak COVID-19,” tulis pernyataan resmi Liga Inggris, dikutip dari laman 90Min.

“Mulai sekarang, jika sebuah klub mengajukan penundaan pertandingan dengan alasan kekurangan pemain karena COVID-19, mereka harus memiliki minimal empat kasus positif dalam skuad mereka,” lanjut pernyataan itu.

"Panduan ini akan dimulai sebelum pertandingan Premier League berikutnya pada Sabtu 5 Februari (Burnley vs Watford)," lanjutnya.

Laga Liga Inggris ditunda

Liga Inggris pun tetap menyesuaikan dengan kondisi Covid-19 yang masih merebak di negaranya. Mereka tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat bagi semua pihak yang terlibat dalam suatu pertandingan.

"Aplikasi klub akan terus dinilai berdasarkan kasus per kasus. Dewan Premier League mengukur sejumlah faktor, termasuk kemampuan klub untuk menurunkan status, tingkat keparahan, dan potensi dampak COVID-19; dan kemampuan para pemain untuk mempersiapkan dan memainkan permainan dengan aman," tutup pernyataan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini