Share

Profil Miro Baldo Bento dan Joao Bosco, Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Berpaspor Timor Leste

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 51 2538162 profil-miro-baldo-bento-dan-joao-bosco-mantan-pemain-timnas-indonesia-yang-berpaspor-timor-leste-z2hwVAAsRu.jpg Miro Baldo Bento, mantan pemain Timnas Indonesia yang berpaspor Timor Leste. (Foto: Instagram/@mirobaldob)

PROFIL Miro Baldo Bento dan Joao Bosco, mantan pemain Timnas Indonesia yang berpaspor Timor Leste akan dibahas dalam artikel ini. Keduanya pernah membela Timnas Indonesia, namun sejak 2002 mereka berpaspor Timor Leste dan memilih membela tim nasional tersebut. Kok bisa? Begini ceritanya.

Timor Timur (sebelum bernama Timor Leste) merupakan bagian dari Indonesia sejak 1976. Banyak talenta-talenta berbakat dari timur Indonesia yang tenaganya dapat diandalkan Timnas Indonesia. Dua di antaranya Miro Baldo Bento dan Joao Bosco.

Miro Baldo Bento

Karier Miro Baldo Bento dan Joao Bosco banyak dihabiskan bersama klub-klub Tanah Air. Miro Baldo Bento pernah membela klub-klub mapan Indonesia seperti Persija Jakarta dan PSM Makassar (1999-2002).

Bersama PSM Makassar lah, Miro Baldo Banto meraih kejayaan. Ia membantu PSM Makassar juara Liga Indonesia 1999-2000. Berduet dengan Kurniawan Dwi Yulianto, Miro Baldo Bento membentuk kolaborasi mematikan di lini depan skuad Juku Eja.

Tak sampai di situ, ia juga membantu PSM Makassar lolos ke perempatfinal Liga Champions Asia 2001 dan runner-up Liga Indonesia 2000-2001. Bagaimana dengan kiprah di Timnas Indonesia?

BACA JUGA: Tanpa Egy Maulana Vikri dan Witan, Shin Tae-yong Bilang Begini Jelang Laga Timnas Indonesia vs Timor Leste

Miro Baldo Bento memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 1998 dan 2000. Hasilnya di ajang tersebut, Timnas Indonesia finis ketiga pada 1998 dan runner-up dua tahun berselang.

Untuk Joao Bosco Cabral, pemain yang dikenal dengan brewoknya ini membawa Persikota Tangerang lolos ke semifinal Liga Indonesia 1999-2000. Kemudian bersama Persija Jakarta, ia membantu tim berjuluk Macan Kemayoran lolos ke semifinal Liga Indonesia 2007.

Joao Bosco

Sayangnya, kiprah Miro Baldo Bento dan Joao Bosco Cabral bersama Timnas Indonesia tak berlangsung lama. Setelah Timor Timur dinyatakan merdeka dan berubah nama menjadi Timor Leste pada 2002, Miro Baldo Bento dan Joao Bosco Cabral tak lagi membela Timnas Indonesia.

Mereka memilih Timnas Timor Leste sebagai negara yang dibela. Bicara soal Timor Leste, Timnas Indonesia bakal menghadapi tim yang sempat menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tersebut.

Rencananya, pada 27 dan 30 Januari 2022, Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam uji coba yang digelar di Stadion I Wayan Dipta Gianyar. Kemenangan penting bagi Timnas Indonesia untuk mendongkrak posisi di ranking FIFA.

Berikut Profil Miro Baldo Bento

Nama Lengkap: Miro Baldo Bento de Araújo

Tanggal Lahir 4 Juni, 1975 (age 46)

Tempat Lahir Dili, Portuguese Timor

Posisi: Striker

Berikut Profil Joao Bosco Cabral

Nama Lengkap Joao Bosco Ribeiro Cabral

Tanggal Lahir 7 July 1975 (age 46)

Tempat Lahir Portuguese Timor, (now East Timor)

Posisi: Pemain Belakang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini