Share

Efek Shin Tae-yong, Ini Respons Kocak Netizen Tawarkan Malaysia Naturalisasi Haruna Soemitro

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 51 2533507 efek-shin-tae-yong-ini-respons-kocak-netizen-tawarkan-malaysia-naturalisasi-haruna-soemitro-hnwUJ5Hlxw.jpg Haruna Soemitro (paling kiri) saat berfoto bareng Ketum PSSI dan Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

SALAH satu netizen dengan akun @kolordbretwet menawarkan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) untuk menaturalisasi anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro. Si netizen rupanya kesal dengan pernyataan Haruna Soemitro yang melontarkan kritik kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“SAUDARAKU MALAYSIA @FAM_Malaysia @ultrasmalaya_MAU TAK NATURALISASI DIORANG HARUNA SUMITRO? SILA AMBIK JANGAN RAGU KAWAN,” tulis akun @kolordbretwet.

Haruna Soemitro

(Akun tersebut meminta FAM menaturalisasi Haruna Soemitro)

Akun di atas sejatinya membalas posting-an comedian Ahmad Kemal Palevi. Di akun Twitter-nya @kemalpalevi, ia mengunggah foto Haruna Soemitro sambil memberi caption: ‘Gimana kalo pengurus PSSI-nya aja yang dinaturalisasi? #HarunaOut.’

Posting-an Kemal Palevi itulah yang mengundang banyak netizen mengeluarkan candaan. Hal itu termasuk akun @kolordbretwet yang menawarkan Malaysia untuk menaturalisasi Haruna Soemitro.

Lantas, apa kritikan yang dilontarkan Haruna Soemitro kepada Shin Tae-yong? Haruna Soemitro mengkiritik Shin Tae-yong dalam rapat evaluasi yang diadakan PSSI pada Kamis, 13 Januari 2022.

BACA JUGA: Dihujat Netizen karena Kritik Shin Tae-yong, Haruna Soemitro: Bagus, Kurangi Dosa Saya!

Saat itu, rapat dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Exco Endri Erawan, Vivin Sungkono, dan Direktur Teknik Indra Sjafri. Bahkan kritikan itu kembali disampaikan Haruna Soemitro saat hadir di salah satu podcast.

‘’Tidak penting itu sebuah proses. Yang paling penting adalah hasil. Apa pun latihannya kalau tidak juara, ya belum dikatakan juara. Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF. Kalau sekarang tetap runner-up, ya bukan prestasi,’’ kritik Haruna Soemitro soal hasil Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Haruna Soemitro dan Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong bersama Haruna Soemitro)

Komentar Haruna Soemitro di atas membuat gerah pencinta sepakbola Tanah Air. Dalam pandangan mereka, Shin Tae-yong butuh proses untuk mendongkrak prestasi Timnas Indonesia.

Benar, Timnas Indonesia hanya finis runner-up di Piala AFF 2020 seperti lima edisi yang lain. Namun, pencapaian kali ini berbeda karena Shin Tae-yong mengandalkan mayoritas pemain muda.

Hal ini menunjukan Shin Tae-yong telah menyiapkan generasi muda yang siap dipanen dalam dua atau tiga tahun ke depan. Tak usah jauh-jauh ke Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong bahkan diprediksi membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-23 2022 yang dilangsungkan di Kamboja pada 14-26 Februari. Karena itu, menarik menanti sentuhan magis Shin Tae-yong selanjutnya bersama Timnas Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini