Share

5 Pemain Keturunan Indonesia yang Main di Liga Inggris, Nomor 1 Bek Andalan Leeds United

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 45 2533134 5-pemain-keturunan-indonesia-yang-main-di-liga-inggris-nomor-1-bek-andalan-leeds-united-LyPpJmdKWk.jpg Lima pemain keturunan Indonesia yang main di Liga Inggris (Foto: Twitter/@IpswichTown)

PEMAIN keturunan Indonesia tersebar di berbagai liga di dunia. Beberapa dari mereka bahkan berkarier di sepakbola Inggris.

Salah satunya adalah Elkan Baggott yang main untuk Ipswich Town. Selain Elkan, ada nama-nama lain yang berkarier di Negeri Ratu Elizabeth.

5. Elkan Baggott

Elkan Baggott (Foto: PSSI)

Daftar ini tentu dimulai dengan Elkan yang main di klub League One, Ipswich Town. Sebagaimana diketahui, Elkan telah bermain untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia di turnamen resmi, yaitu Piala AFF 2020.

Kontribusi Elkan membantu Timnas Indonesia untuk mencapai final Piala AFF 2020. Meski gagal menjadi juara, runner-up Piala AFF 2020 bukanlah pencapaian yang buruk bagi Elkan dan kolega. Sekadar informasi, Piala AFF 2020 adalah turnamen resmi pertama Elkan bersma Timnas Indonesia.

4. Justin Hubner

Justin Hubner (Foto: Wolverhampton Wanderers)

Posisi selanjutnya ditempati oleh pemain Wolverhampton Wanderers, Justin Hubner. Lahir di Den Bosch, Belanda, pada 14 September 2003, Ayahnya asli Jakarta, sedasngkan sang ibu keturunan Belanda.

Hubner kini masih berumur 18 tahun. Main di tim U-18 dan U-23 Wolverhampton, Hubner sudah mencetak satu gol dari 10 penampilan. Padahal, dia berposisi asli sebagai bek tengah. Dengan usianya yang baru 18 tahun, banyak hal menanti Hubner di masa depan.

3. Joseph Simatupang Ferguson

Joseph Simatupang Ferguson (Foto: Instagram/@josephsimaferguson)

Lalu, ada nama Joseph Simatupang Ferguson yang main untuk Blackburn Rovers U-18 dan U-23. Dia memiliki darah Indonesia dari Ibunya yang berasal dari Pontianak.

Joseph lahir di Manchester pada 10 Agustus 2002. Saat berumur 11 tahun, Joseph bergabung ke Blackburn untuk mengembangkan bakat sepakbolanya. Kemampuan Joseph pun makin meningkat seiring waktu berjalan. Main sebagai bek kanan, Joseph sudah sembilan kali main pada musim 2021-2022.

2. Jairo Riedewald

Jairo Riedewald (Foto: Crystal Palace)

Posisi kedua dalam daftar ini ditempati oleh gelandang bertahan Crystal Palace, Jairo Riedewald. Riedewald memiliki darah Indonesia karena neneknya asli Ambon. Sedangkan ayahnya merupakan kelahiran Suriname.

Riedewald cukup akrab dengan budaya Indonesia, terutama makanan. Nenek dan ibunya, yang keturunan Indonesia juga, kerap memasak makanan Indonesia saat ada pesta keluarga. Alhasil, Riedewald terbiasa untuk memakan makanan pedas. Padahal, orang-orang Eropa kerap kesulitan saat makan makanan pedas.

Pada musim ini, Riedewald tidak selalu jadi pilihan utama di lini tengah Palace. Pemain 25 tahun itu baru tampil empat kali untuk Palace sejauh ini.

1. Pascal Struijk

Pascal Struijk (Foto: Leeds Live)

Bek tengah Leeds United, Pascal Struijk, ada di posisi pertama dalam daftar ini. Pemain 22 tahun itu punya darah Indonesia dari kakek dan nenek dari keluarga ayahnya. Sebab, kakek dan nenek Struijk lahir di Hindia Belanda (saat Indonesia masih berada di bawah penjajahan Belanda).

Sejauh ini, Struijk adalah andalan di jantung pertahanan Leeds. Dia sudah tampil 17 kali pada musim ini dengan koleksi 1 gol. Sekadar informasi, Struijk adalah salah satu pemain yang berjasa besar membawa Leeds promosi ke Liga Inggris pada musim lalu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini