Timnas Indonesia Jadi Raja Asia Tenggara? Ini Saran Asisten Pelatih FC Como 1907 kepada PSSI

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 51 2532292 timnas-indonesia-jadi-raja-asia-tenggara-ini-saran-asisten-pelatih-fc-como-1907-kepada-pssi-7sAJ9WMbWl.jpg Timnas Indonesia berpotensi jadi raja di Asia Tenggara. (Foto: Instagram/@egymaulanavikri)

ASISTEN pelatih FC Como 1907, Kurniawan Dwi Yulianto, memberi saran kepada PSSI jika Timnas Indonesia ingin jadi raja sepakbola di Asia Tenggara. Dalam pandangan pelatih 45 tahun itu, PSSI mesti mengasah betul potensi pemain-pemain muda yang bisa menjadi kekuatan Timnas Indonesia.

Di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia bisa menembus final meski mengandalkan pemain muda. Kurniawan Dwi Yulianto menilai, prestasi lebih baik lagi disabet skuad Garuda jika pembinaan usia muda dijalankan secara maksimal.

Kurniawan Dwi Yulianto

“Saya yakin suatu saat bisa juara, karena talenta kita tidak pernah habis. Saya yakin dan percaya Timnas kita akan lebih hebat dari siapa pun di Asia Tenggara, karena talenta kita tak ada habisnya,” kata Kurniawan pada webinar bertajuk Webinar Partai Perindo, Jumat (14/1/2022).

Selain itu, Kurniawan Dwi Yulianto juga menyayangkan banyaknya talenta-talenta muda yang tidak memiliki karier yang cerah ketika naik pangkat menjadi pemain senior. Karena itu, pria yang biasa disapa si Kurus ini menekankan PSSI untuk memerhatikan betul pembinaan pemain muda.

“Kadang-kadang saya merasa sayang dan kasian talenta di Indonesia tidak jadi apa-apa. Ini harus dipikirkan oleh stakeholder bagaimana talenta mereka diasah dengan benar,” lanjut eks juru taktik Sabah FC ini.

BACA JUGA: 5 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Susul Kurniawan Dwi Yulianto ke Liga Italia, Nomor 1 Jadi Sorotan di Piala AFF 2020

Kurniawan Dwi Yulianto pun menawarakan solusi agar PSSI bisa membina pemain muda dengan baik. Mantan pemain Persija Jakarta itu mengatakan, PSSI bisa membina pemain muda dengan cara bersinergi bersama pemerintah untuk membangun fasilitas sarana dan prasarana sepak bola di berbagai daerah.

“Ya saling bersinergi saya harap, pemerintah menyediakan fasilitas untuk pesepakbola muda di lapangan. Waktu zaman saya ada sembilan diklat di Indonesia sebagai kawah candradimuka pemain muda Indonesia,” terangnya.

Timnas Indonesia

“Karena sepakbola suatu yang seks di Indonesia, semua orang suka, jadi sayang kalau talenta kita sia-sia,” tegas Kurniawan Dwi Yulianto.

Dalam waktu dekat Kurniawan Dwi Yulianto akan terbang ke Inggris untuk mendampingi Garuda Select. Hal itu dilakukan Kurniawan Dwi Yulianto sembari menunggu izin kerja dari pemerintah Italia keluar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini