5 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Susul Kurniawan Dwi Yulianto ke Liga Italia, Nomor 1 Jadi Sorotan di Piala AFF 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 51 2532126 5-pemain-timnas-indonesia-yang-bisa-susul-kurniawan-dwi-yulianto-ke-liga-italia-nomor-1-jadi-sorotan-di-piala-aff-2020-NqNwKI0QpY.jpg Berikut lima pemain Timnas Indonesia yang mungkin susul Kurniawan Dwi Yulianto ke FC Como 1907 (Foto: AFF Suzuki Cup)

LEGENDA sepakbola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, resmi menjadi juru taktik FC Como 1907. Keberadaan Kurniawan di klub Italia itu mungkin bisa menjadi pintu bagi para pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk berkarier di Eropa, terutama Negeri Pizza.

Sebagaimana diketahui, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pun meminta para anak asuhnya untuk berkarier di luar negeri demi menambah pengalaman dan kemampuan. Berikut lima pemain Timnas Indonesia yang bisa menyusul Kurniawan ke FC Como 1907.

5. Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek (Foto: PSSI)

Ramai Rumakiek adalah salah satu pemain Timnas Indonesia yang mencuri perhatian di Piala AFF 2020. Meski tidak selalu menjadi pilihan pertama Shin Tae-yong, pemain Persipura Jayapura berumur 19 tahun itu selalu tampil maksimal saat mendapatkan kepercayaan.

Ramai kerap menjadi masalah bagi pertahanan lawan-lawan Timnas Indonesia karena kecepatan dan kemampuan individunya. Penampilan apik Ramai di sisi kiri penyerangan Timnas Indonesia membuahkan satu gol.

4. Elkan Baggott

Elkan Baggott (Foto: PSSI)

Elkan Baggott telah main di Eropa bersama klub Inggris,, Ipswich Town. Akan tetapi, bisa saja dia menyebrang ke Italia untuk membela FC Como 1907 di bawah asuhan Kurniawan.

Selama tampil di Piala AFF 2020, Elkan kerap main di babak kedua untuk mempertebal pertahanan Timnas Indonesia. Kelebihan utama Elkan adalah kuat di duel udara dan kemampuan membaca permainan. Saat di Piala AFF 2020, Elkan turut mencetak gol saat Timnas Indonesia membantai Malaysia 4-1.

3. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto (Foto: PSSI)

Selanjutnya, ada kapten Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto. Anak dari Bejo Sugiantoro ini adalah andalan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia.

Bermain sebagai gelandang jangkar, Irianto menjadi orang pertama yang memutus serangan lawan. Sekadar informasi, selain main sebagai gelandang bertahan, pemuda 22 tahun itu juga piawai untuk mengisi posisi bek tengah.

Meski lebih banyak membantu pertahanan, Irianto mampu mencetak dua gol melalui kepalanya di Piala AFF 2020. Kinerja apiknya turut membantu Timnas Indonesia saat menghadapi lawan yang lebih kuat, seperti Vietnam dan Thailand.

2. Rizky Ridho

Rizky Ridho (Foto: Instagram)

Rizky Ridho adalah salah satu bek tengah Timnas Indonesia yang mencuat di Piala AFF 2020. Meski tidak selalu dimainkan Shin Tae-yong, Rizky mampu tampil apik setiap mendapatkan kepercayaan.

Saat tampil, Rizky selalu disiplin menjaga daerahnya dan bagus dalam membaca permainan lawan. Kini, pemain 20 tahun itu masih terikat kontrak dengan Persebaya Surabaya.

1. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya (Foto: PSSI)

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh Ricky Kambuaya. Seperti dua nama sebelumnya, Ricky juga merupakan andalan Persebaya Surabaya. Ricky biasanya bermain sebagai gelandang box-to-box di lini tengah Timnas Indonesia. Pemain berumur 25 tahun itu hampir selalu menjadi pilian pertama Shin Tae-yong untuk mengisi lini tengah Timnas Indonesia.

Ricky tidak hanya apik menghentikan serangan lawan, tetapi juga mampu mencetak gol. Di Piala AFF 2020, Ricky mencetak gol ke gawang Thailand yang membantu Timnas Indonesia meraih hasil imbang 2-2 pada leg II final. Sayang, Timnas Indonesia tetap kalah agregat 2-6 sehingga gagal menjadi juara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini