5 Pemain Asing di Liga 1 yang Siap Dinaturalisasi dan Bela Timnas Indonesia, Nomor 1 Gelandang Anyar Persija Jakarta

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 51 2532061 5-pemain-asing-di-liga-1-yang-siap-dinaturalisasi-dan-bela-timnas-indonesia-nomor-1-gelandang-anyar-persija-jakarta-fumNJL8D4h.jpg Para pemain Persija Jakarta. (Foto: Instagram/@makankonate)

AJANG sepakbola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1, diisi oleh banyak pemain asing. Lama bermain di Indonesia tampaknya membuat sejumlah pemain asing kerasan hingga beberapa nama tak ragu menyatakan keinginan untuk turut membela Timnas Indonesia.

Ya, ada beberapa nama pemain asing di Liga 1 yang bisa dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia. Mereka bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan status WNI.

BACA JUGA: 3 Pemain Bintang Liga Italia yang Dilatih Kurniawan Dwi Yulianto di FC Como 1907, Nomor 1 Eks Juventus

Menurut Undang-Undang 12/2006: Kewarganegaraan RI pasal 9B berbunyi: “Pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut,” bunyi pasal tersebut.

BACA JUGA: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Langgar Aturan, Ini Respons Ketua Umum PSSI

Berikut 5 pemain asing di Liga 1 yang siap dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia:

5. Wiljan Pluim

Salah satu pemain asing di Liga 1 yang siap dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia ialah Wiljan Pluim. Gelandang asal Belanda ini sudah lama berkarier di Liga 1 dan kini tengah membela PSM Makassar. Dia tercatat sudah lima tahun berada di Indonesia.

Wiljan Pluim

Dengan kondisi ini, pemain bernama lengkap Willem Jan Pluim itu pun punya peluang untuk membela skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia. Dia bisa menyusul Marc Klok yang sudah lebih menjadi WNI dan siap membela Timnas Indonesia yang ditangani Shin Tae-yong kini.

4. Renan Silva

Kemudian, ada nama Renan Silva. Gelandang Brasil ini kini merumput di Liga 1 bersama Madura United.

Renan Silva

Renan Silva sendiri blak-blakan menyatakan keinginannya membela Timnas Indonesia dalam sebuah wawancara. Dia bahkan mengaku sampai menolak tawaran dari sejumlah klub di negara lain demi menjadi WNI.

“Ada satu klub dari Thailand, Malaysia, dan Uni Emirat Arab yang menawari saya kontrak. Saya ingin naturalisasi menjadi warga negara Indonesia, ingin bantu Timnas. Saya senang ada di Indonesia,” kata Renan, dilansir Youtube resmi Madura United, Kamis 6 Januari 2022.

3. Marko Simic

Kemudian di urutan ketiga, ada nama Marko Simic. Striker asal Kroasia ini juga sudah cukup lama berkarier di Indonesia. Kini, dia masih membela Persija Jakarta.

Marko Simic

Dalam sebuah kesempatan, Simic juga sempat membicarakan soal membela Timnas Indonesia. Dia pun menyatakan menjadi sebuah kehormatan jika mendapat kesempatan dipanggil membela Timnas Indonesia.

“Saya hanya ingin mengatakan itu (dipanggil Timnas Indonesia) akan menjadi sebuah kehormatan bagi saya. Saya sudah sangat lama di Indonesia dan semuanya bisa saja mungkin,” kata Marko Simic, sebagaimana dikutip dari Channel YouTube OlahBola.

2. Lee Yu-jun

Di urutan kedua, ada nama Lee Yu-jun. Gelandang asal Korea Selatan ini juga sudah cukup lama berada di Indonesia karena membela klub Liga 1, yakni Bhayangkara FC. Dia tercatat sudah membela klub itu sejak 2016.

Lee Yu-jun

Kerasan di Indonesia, Lee Yu-jun bahkan sudah mengajukan untuk dinaturalisasi sejak 2020. Hingga kini, proses perpindahan kewarganegaraannya pun masih terus berlanjut. Jika sudah menjadi WNI, Lee bisa dipanggil membela Timnas Indonesia, terlebih kini ditangani pelatih Korsel, Shin Tae-yong.

1. Makan Konate

Terakhir, ada nama Makan Konate. Gelandang asal Mali ini sudah wira-wiri membela sejumlah klub di Indonesia. Kini, dia pun baru saja berlabuh ke Persija Jakarta.

Makan Konate

Belum lama ini, Makan Konate pun membicarakan soal naturalisasi menjadi WNI. Dia mengaku siap untuk dinaturalisasi agar turut memperkuat Timnas Indonesia. Dengan pengalamannya bermain di berbagai kompetisi, mulai dari Mali, Indonesia, dan Malaysia, ia yakin bisa membawa Timnas Indonesia makin kuat.

“Kalau rezeki, saya pasti bisa menjadi WNI. Sebelumnya sudah pernah diproses,” kata Makan Konate saat hadir di Channel YouTube mantan pemain Persib Bandung, Atep Rizal, yakni Atep TV.

“Timnas Indonesia memiliki banyak pemain muda berkualitas. Dua atau tiga tahun lagi mereka bisa solid dan kompak,” ujar gelandang 30 tahun tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini