Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Langgar Aturan, Ini Respons Ketua Umum PSSI

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 51 2531954 pelatih-timnas-indonesia-shin-tae-yong-langgar-aturan-ini-respons-ketua-umum-pssi-jb37ztbLDq.jpg Shin Tae-yong tak segan menegur pemain yang membuat kesalahan di hadapan pemain lain. (Foto: PSSI)

SHIN Tae-yong sempat mendapatkan saran tak lama resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 29 Desember 2019. Ia disarankan untuk tidak menegur pemain yang membuat kesalahan di hadapan pemain lain.

Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong saat hadir di Podcast Deddy Corbuzier. Hanya saja, Shin Tae-yong tidak menjalankan saran tersebut. Sebab, jika tidak langsung ditegur, Shin Tae-yong khawatir si pemain bakal melakukan kesalahan yang sama.

Shin Tae-yong

"Ada saran ketika menangani pemain-pemain Indonesia, kalau ada yang salah tidak boleh menyalahkan pemain itu di depan banyak orang. Namun, saya mulai mengubah budaya itu, dan bisa mengubahnya," kata Shin Tae-yong di podcast Deddy Corbuzier bertajuk Close The Door.

"Kalau tidak disalahkan di depan orang-orang, bisa diulang terus (kesalahan) yang lain-lainnya," lanjut pelatih yang membawa Seongnam Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010 tersebut.

Lantas, apa respons Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menanggapi pernyataan Shin Tae-yong di atas? Mochamad Iriawan mengatakan ada misskomunikasi. Ia tak pernah melarang Shin Tae-yong untuk menegur pemain di hadapan rekan-rekannya.

BACA JUGA: Ditanya Kriteria Pemain yang Dipanggil ke Timnas Indonesia, Ini Jawaban Shin Tae-yong

“Berkaitan tentunya masalah hasil kemarin, kenapa bisa menang melawan Malaysia, kenapa menang melawan Singapura? Kenapa kalah dari Thailand dengan skor 0-4 dan imbang 2-2 di leg kedua,” kata Mochamad Iriawan kepada awak media yang juga dihadiri Tim MNC Portal Indonesia, Kamis 13 Januari 2022.

“Tadi juga masalah pemahaman beliau yang kalau menegur pemain itu enggak boleh di depan umum. Padahal kan tidak. Kita boleh saja kalau ada pemain yang salah, disampaikan di depan pemain lain agar pemain lain tahu,” sambung pria yang biasa disapa Iwan Bule tersebut.

Shin Tae-yong

Namun, Iwan mewajarkan misskomunikasi tersebut. Pria berusia 59 tahun itu mengatakan, perkara tidak boleh menegur pemain di depan umum memang budaya di Indonesia.

“Saya bilang ‘silakan saja’, contohnya ketika ada pemain yang salah lawan Thailand, disampaikan saja di depan teman-temannya, agar teman-temannya mengerti,” tegas Iwan.

Usai rapat tersebut, Shin Tae-yong langsung terbang ke Bali.Pelatih asal Korea Selatan itu menyaksikan laga Liga 1 dengan tujuan mencari pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia U-23 jelang FIFA Matchday Januari dan Piala AFF U-23 2022.

Semalam, Shin Tae-yong terlihat berada di tribun Stadion I Gusti Ngurah Rai. Shin Tae-yong menyaksikan langsung laga Persib Bandung vs Bali United di pekan ke-19 Liga 1 2021-2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini