Gara-Gara Riko Simanjuntak Salah Pakai Jersey Samuel, Persija Jakarta Terancam Disanksi

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 49 2530918 gara-gara-riko-simanjuntak-salah-pakai-jersey-samuel-persija-jakarta-terancam-disanksi-PDOkcmEQLD.jpg Riko Simanjuntak di laga Persija Jakarta vs Persipura Jayapura. (Foto: Instagram/@infotransfer.liga1)

PERSIJA Jakarta terancam disanksi Komite Disiplin (Komdis) PSSI lantaran insiden yang dialami Riko Simanjuntak. Diketahui, gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, tak sengaja mengenakan jersey milik rekan setimnya, yakni Samuel Simanjuntak, di laga kontra Persipura Jayapura dalam pekan ke-19 Liga 1 2021-2022.

Dalam laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa 11 Januari 2022 sore WIB itu, Persija menurunkan Riko Simanjuntak sejak menit awal laga. Namun, kehadiran pemain bernomor punggung 25 tahun itu belum bisa membantu Macan Kemayoran -julukan Persija- menang.

Riko Simanjuntak

Persija kalah dari Persipura dengan skor tipis 1-2. Gol tunggal Persija dicetak oleh Makan Konate di menit 90+4. Sementara itu, Persipura menang berkat gol Yohanes Pahabol (25’) dan Yevhen Bokhashvili (45’).

BACA JUGA: Hasil Persija Jakarta vs Persipura Jayapura di Pekan Ke-19 Liga 1 2021-2022: Makan Konate Cetak Gol, Macan Kemayoran Kalah 1-2

Terlepas dari hasil dalam laga itu, Persija mendapat sorotan lebih karena Riko Simanjuntak yang salah mengenakan jersey. Riko yang seharusnya mengenakan jersey merah Persija bernomor pungggung 25 itu malah memakain baju bernomor punggung 31.

BACA JUGA: Penyebab Makan Konate Absen Bela Persija Jakarta saat Hadapi PSIS Semarang di BRI Liga 1 2021-2022

Diketahui, jersey bernomor punggung 31 merupakan milik Samuel Christianson Simanjuntak. Disinyalir, salah memakai jersey ini terjadi karena nama belakang Riko dan Samuel yang sama-sama Simanjuntak.

Momen salah pakai jersey ini untungnya tidak berlangsung lama karena ofisial Persija langsung menyadarinya. Riko pun kemudian mengganti pakaiannya dengan miliknya.

Meski begitu, Persija tetap terancam terkenaa sanksi. Sebab, pengawas pertandingan sudah melihat aksi salah pakai jersey itu.

Riko Simanjuntak

Insiden jersey tertukar seperti yang dialami Persija dalam laga kemarin sore ini bukan pertama kalinya terjadi di dunia sepakbola Indonesia. Sebelumnya, hal serupa pernah dialami PSIS Semarang.

Kiper PSIS, Jandia Eka Putra, salah mengenakan jersey kala berlaga melawan PSM Makassar, pada September 2021. Komdis PSSI pun kemudian menjatuhi sanksi kepada PSIS berupa denda sebesar Rp10 juta. Kini, Persija pun menanti keputusan Komdis PSSI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini