Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan Diincar Klub Luar Negeri, Ini Respons Pelatih Persebaya Surabaya

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 49 2527257 ricky-kambuaya-dan-marselino-ferdinan-diincar-klub-luar-negeri-ini-respons-pelatih-persebaya-surabaya-IIr0b5BvR6.jpg Ricky Kambuaya, bintang Timnas Indonesia yang diburu klub-klub luar negeri. (Foto: PSSI)

PELATIH Persebaya Surabaya, Aji Santoso, sangat mendukung dua pemainnya, Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan, untuk berkarier di luar negeri. Jika ada tawaran dari klub luar negeri, Aji Santoso dan manajemen Persebaya Surabaya takkan menahan dua pemain andalan Timnas Indonesia tersebut.

Sekadar informasi, nama Ricky Kambuaya mencuat setelah tampil apik di Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia. Perannya di lini tengah Timnas Indonesia selama gelaran Piala AFF 2020 sangatlah vital.

Ricky Kambuaya

(Ricky Kambuaya diburu klub-klub luar negeri)

Bahkan pemain berusia 25 tahun ini dua kali mendapat penghargaan pemain terbaik laga. Sebut saja saat Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja, serta ketika skuad Garuda bermain 2-2 melawam Thailand di leg II final Piala AFF 2020.

Selama di Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya mengoleksi satu gol yang dilesakkan ke gawang Thailand di final leg kedua dan satu assist saat melawan Kamboja. Sementara itu, Marselino Ferdinan kualitasnya sudah teruji di beberapa penampilan bersama Bajul Ijo –julukan Persebaya Surabaya.

Pemain berusia 17 tahun ini juga masuk jajaran 60 pemain muda terbaik dunia 2021 versi media kenamaan Inggris, The Guardian. Masuknya pemain kelahiran Jakarta ke jajaran pemain muda terbaik dunia ini menempatkannya dengan pemain lain seperti Youssoufa Moukoko dari Borrusia Dortmund dan Luka Romero (Lazio).

BACA JUGA: Persebaya Surabaya Lawan Bali United Tanpa 4 Pemain Timnas Indonesia, Aji Santoso Kecewa pada PSSI

Aji Santoso mengakui Marselino Ferdinan memang memiliki kemampuan bagus dan layak bermain di luar negeri untuk menambah pengalaman. Hal serupa juga terjadi pada Ricky Kambuaya yang tampil gemilang di sepanjang gelaran Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia.

“Ricky dan Marsel (Marselino Ferdinan), yang saya dengar ada pembicaraan dari tim luar negeri, saya akan support kalau main di luar negeri," ucap Aji Santoso, melalui konferensi pers virtual pada Selasa, (4/1/2022).

Marselino Ferdinan

(Marselino Ferdinan dinilai Aji Santoso layak bermain di luar negeri)

Aji mengakui kualitas Marselino Ferdinan dan Ricky Kambuaya membuat mereka layak bermain di kompetisi luar negeri. Karena itu, ia telah berbicara dengan manajemen dan sang pemain sendiri.

Jika memang ada tawaran, maka baik dirinya dan manajemen akan mendukung. Hal ini demi meningkatkan pengalaman dan kemampuan sang pemain sendiri.

"Kalau ada pemain Persebaya main di luar negeri tentunya saya bersama manajemen pasti support. Itu akan mempertajam atau meningkatkan kualitas pemain tersebut. Jadi saya pribadi support, manajemen juga yakin pasti akan support," tutup mantap pelatih Timnas Indonesia U-23 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini