Runner-up Piala AFF 2020, Level Timnas Indonesia Lampaui Malaysia dan Dekati Vietnam serta Thailand

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 51 2526468 runner-up-piala-aff-2020-level-timnas-indonesia-lampaui-malaysia-dan-dekati-vietnam-serta-thailand-cWnAojyK8q.jpg Timnas Indonesia dinilai sudah lampaui level Malaysia dan mendekati Vietnam serta Thailand (Foto: AFF Suzuki Cup)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020 usai kalah agregat 2-6 dari Thailand di partai puncak yang berlangsung dua leg. Timnas Indonesia kalah 0-4 pada leg I, lalu imbang 2-2 pada pertemuan kedua.

Hasil imbang kontra Thailand pada leg II mencuri perhatian pengamat sepakbola Vietnam, Vu Manh Hai. Dia menilai hasil imbang itu membuktikan, bahwa level Timnas Indonesia telah melampaui Malaysia dan mendekati Vietnam serta Thailand.

Ramai Rumakiek vs Thailand (Foto: PSSI)

Dia berpikir demikian karena memprediksi Timnas Indonesia akan kalah kembali pada leg II, seperti pertemuan pertama. Akan tetapi, Timnas Indonesia mampu mematahkan prediksi itu.

Timnas Indonesia bermain lebih baik pada leg II yang berlangsung di National Stadium, Sabtu 1 Januari 2022, malam WIB. Timnas Indonesia bahkan unggul lebih dulu melalui sepakan keras Ricky Kambuaya (7’).

Sayang, pada babak kedua, Timnas Indonesia kehilangan fokus sehingga kedudukan pun berbalik. Gol-gol dari Adisak Kraisorn (54’) dan Sarach Yooyen (56’) membawa Thailand berbalik unggul atas Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Tak Berani Marah ke Asnawi Mangkualam di Laga Timnas Indonesia vs Thailand, Nadeo Argawinata Curhat ke Tiang Gawang

Untungnya, Timnas Indonesia tidak mengakhiri leg II dengan kekalahan. Skuad Garuda meraih hasil imbang 2-2 berkat gol Egy Maulana Virkir saat waktu normal tersisa 10 menit lagi.

Hasil imbang tidak cukup untuk membawa Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2020. Akan tetapi, itu cukup untuk mengubah pikiran Vu Manh Hai.

“Saya sendiri cukup terkejut ketika Indonesia mendapatkan hasil imbang 2-2 di final leg kedua. Sebab, menurut saya, mereka mungkin masih kalah meski Thailand belum menggunakan kekuatan terkuat," kata Vu Manh Hai, dilansir dari Soha.vn, Senin (3/1/2022).

"Hasil imbang ini juga bisa dibilang bagus, sukses untuk Indonesia yang menunjukkan peningkatan pemain mereka. Saya rasa Indonesia kini melampaui Malaysia dan memiliki akses yang lebih dekat ke level Vietnam dan Thailand," ucap Vu Manh Hai.

Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@egymaulanavikri)

"Mereka memiliki generasi pemain muda yang potensial dan hal ini juga merupakan pertanda baik bagi sepakbola Asia Tenggara karena tim-tim tersebut maju bersama untuk bersaing satu sama lain," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini