Share

Aksi Irfan Jaya Hibur Ikhsan Fandi, Kiper Dadakan di Laga Timnas Indonesia vs Singapura Disorot Media Prancis

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 51 2522808 aksi-irfan-jaya-hibur-kiper-dadakan-singapura-ikhsan-fandi-disorot-media-prancis-IuSJvbdv8b.jpg Momen Irfan Jaya hibur Ikhsan Fandi ketika laga Timnas Indonesia vs Singapura berakhir. (Foto: France24)

KALLANG - Pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Irfan Jaya menjadi perhatian usai perbuatannya yang terlihat menghibur pemain Singapura, Ikhsan Fandi setelah laga berakhir. Sikap Irfan Jaya yang mencoba memberi semangat kepada kiper dadakan Singapura itu pun langsung dibanjiri banyak pujian oleh netizen Indonesia, bahkan media asal Prancis, France24 ikut memberitakan momen tersebut.

Publik mungkin lebih mengingat sikap Asnawi Mangkualam yang meledek penyerang Singapura, Faris Ramli yang gagal mengeksekusi penalti. Namun terdapat perilaku yang kurang banyak disorot dan patut dicontoh dimana Irfan Jaya menjabat tangan dan menghibur penyerang Singapura, Ikhsan Fandi yang menggantikan Hassan Sunny sebagai penjaga gawang.

Sebagaimana yang diketahui, Timnas Indonesia lolos ke partai puncak Piala AFF 2020 usai menyingkirkan Singapura dengan agregat 5-3. Tiket lolos ke final didapat pasca kemenangan 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Kallang, Sabtu 25 Desember 2021.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Indonesia yang Diprediksi Menggila di Leg II Semifinal Piala AFF 2020 Kontra Singapura

Irfan Jaya hibur Ikhsan Fandi. (France24)

Terdapat kejadian menarik kala Singapura mendapat hadiah penalti pada menit 89 usai Pratama Arhan melanggar Shawal Anuar di kotak terlarang. Faris Ramli yang gagal mengeksekusi penalti menerima perlakuan lucu dari kapten kesebelasan, Asnawi Mangkualam.

Sontak kejadian tersebut pun mengundang reaksi warganet. Momen tersebut pun banyak dijadikan meme di media sosial.

Namun, terdapat satu kejadian yang kurang disorot publik, namun layak diteladani. Ikhsan Fandi yang mendapati timnya tersingkir mendapat perlakuan hangat dan penuh respek dari Irfan Jaya.

Saat itu, Ikhsan ditugaskan sebagai penjaga gawang pengganti untuk menggantikan peran Hassan Sunny di bawah mistar. Hassan sebelumnya dikartu merah karena melanggar Irfan Jaya yang sudah sendirian menggiring bola melewati lini belakang Singapura.

Tidak buruk, Ikhsan melakukan satu buah penyelamatan pada menit injury time jelang berakhirnya perpanjangan waktu. Sepakan Kadek Agung ditangkap dengan lengket oleh Irfan, padahal posisi naturalnya bukanlah penjaga gawang melainkan penyerang.

Ketika wasit meniup peluit panjang, Ikhsan terduduk lemas menyaksikan rekan-rekan timnya tenggelam dalam putus asa lantaran gagal menjuarai Piala AFF di rumah sendiri. Ikhsan yang tampak sedih kemudian dihampiri oleh Irfan.

Momen Asnawi ledek Faris Ramli

Pemain PSS Sleman tersebut kemudian mengulurkan tangan dan menjabat tangan Ikhsan. Irfan kemudian menghibur dan menyemangati lawannya tersebut.

Kejadian penuh respek tersebut layak dijadikan contoh oleh pemain muda lain. Meski bermain keras sepanjang laga, rasa hormat antar pemain harus dijunjung tinggi.

Terlepas dari itu semua, kini Timnas Indonesia tinggal menunggu siapa yang menang di antara Thailand vs Vietnam. Pemenang di semifinal Piala AFF 2020 itu akan menjadi lawan skuad Garuda di babak final yang berlangsung dua leg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini