Share

Hancurkan Singapura 4-2 dan Lolos ke Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Disebut Main Buruk oleh Legenda Vietnam

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 51 2522723 hancurkan-singapura-4-2-dan-lolos-ke-final-piala-aff-2020-timnas-indonesia-disebut-main-buruk-oleh-legenda-vietnam-5Gi1Rf1oEa.jpg Asnawi, Egy dan Witan bantu Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

PESEPAKBOLA legenda Vietnam, Nhu Tuan, menilai Timnas Indonesia bermain lebih buruk ketimbang biasanya saat menang 4-2 atas Singapura di leg II semifinal Piala AFF 2020, Sabtu 25 Desember 2021 malam WIB. Ia menilai justru Singapura yang bermain baik meski mendapat tiga kartu merah di laga tersebut.

Laga sengit nan dramatis tercipta di Stadion National. Timnas Indonesia unggul lebih dulu via gol Ezra Walian pada menit 11, memanfaatkan umpan Witan Sulaeman. Timnas Indonesia semakin di atas angin setelah di pengujung babak pertama bek Singapura, Safuwan Baharudin, mendapat kartu merah.

Timnas Indonesia

Safuwan Baharudin mendapat kartu kuning kedua karena kedapatan menyikut bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho, tepat di depan wasit. Uniknya tak lama setelah terkena kartu merah, The Lions –julukan Singapura– justru menyamakan kedudukan via aksi Song Ui-young.

Petaka kembali menimpa Singapura pada menit 67. Irfan Fandi mendapat kartu merah langsung dari wasit karena menjatuhkan winger Timnas Indonesia Irfan Jaya tepat di depan kotak penalti. Alhasil, Singapura harus bermain dengan Sembilan orang.

Namun, Timnas Indonesia seakan tak sanggup memanfaatkan peluang di atas. Singapura justru membalikkan kedudukan lewat sepakan bebas Shahdan Sulaiman pada menit 74!

BACA JUGA: Ribut di Akhir Babak Pertama Laga Timnas Indonesia vs Singapura, Ini Penjelasan Shin Tae-yong

Kondisi di atas membuat Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong kelimpungan. Beruntung di menit 87, Timnas Indonesia menyamakan kedudukan via sepakan kaki kiri Pratama Arhan.

Skor berubah 2-2 dan bertahan hingga waktu normal 90 menit berakhir. Di masa perpanjangan waktu, Timnas Indonesia mencetak dua gol tambahan via gol bunuh diri Shawal Anuar (90+1) dan Egy Maulana Vikri (105+2). Alhasil, Timnas Indonesia menang 4-2 dan lolos ke final Piala AFF 2020 via keunggulan agregat 5-3.

Timnas Indonesia

“Saya belum pernah menyaksikan pertandingan yang tidak terduga seperti ini di Piala AFF. Pertandingan ini terlalu banyak kejutan dan situasinya terus berubah sehingga membuat pusing,” kata Nhu Tuan mengutip dari media Vietnam, Soha.vn.

“Yang paling mengejutkan adalah Indonesia bermain lebih buruk ketimbang sebelumnya. Sementara itu, Singapura justru bermain lebih baik setelah pemainnya diusir,” lanjut Nhu Tuan.

Sekarang, Timnas Indonesia sedang menunggu lawan mereka di partai puncak Piala AFF 2020 yang dilangsungkan pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Nanti malam, laga leg II semifinal Piala AFF 2020 bakal mempertemukan Thailand dan Vietnam. Di leg I, Thailand menang 2-0 atas Vietnam sehingga skuad Gajah Perang lebih dijagokan lolos ke final Piala AFF 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini