Share

Punya Potensi, Presiden FIFA Punya Rencana Memasukkan Piala AFF ke Kalender Internasional FIFA

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 51 2513530 punya-potensi-presiden-fifa-punya-rencana-memasukkan-piala-aff-ke-kalender-internasional-fifa-UJTbP5k2sU.jpg Gianni Infantino tertarik untuk memasukkan Piala AFF ke dalam kalender internasional FIFA (Foto: FIFA)

SINGAPURA - Presiden FIFA, Gianni Infantino, melihat potensi dari Piala AFF. Oleh sebab itu, dia punya rencana untuk memasukkan turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara itu ke dalam kalender internasional FIFA.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF belum diakui sebagai turnamen resmi FIFA. Alhasil, turnamen ini tidak termasuk dalam kalender international FIFA.

Trofi Piala AFF (Foto: PSSI)

Hal tersebut sudah menjadi keluhan publik sepakbola Indonesia selama bertahun-tahun. Sebab, pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia selalu kerepotan dalam dalam memanggil pemain karena harus bernegosiasi dengan klub.

Tidak hanya dalam negeri saja, hal ini juga menjalar ke klub-klub Eropa. Terbaru, Egy Maulana Vikri tidak bisa membela Indonesia sejak awal Piala AFF 2020 karena harus membantu FK Senica bersaing di Liga Slovakia 2021-2022 lebih dulu.

BACA JUGA: Termasuk Timnas Indonesia, 6 Tim Ini Tolak Gunakan Ban Kapten Pelangi di Piala AFF 2020

Namun, Indonesia beserta tim peserta Piala AFF lain mendapatkan angin segar. Pasalnya, Infantino berencana agar Piala AFF masuk ke kalender internasional FIFA agar turnamen tersebut lebih kompetitif.

"Piala AFF adalah turnamen yang menyatukan seluruh Asia Tenggara. Saya tahu ada lebih dari 200 juta orang mengikuti Piala AFF 2018 yang merupakan jumlah fantastis," kata Infantino, dilansir dari Tien Phuong, Selasa (7/12/2021).

"ASEAN juga merupakan kawasan dengan ekonomi terbesar ke-5 di dunia. Jadi, potensi perkembangan sepakbola di sini sangat besar,” katanya.

Gianni Infantino (Foto: Istimewa)

Saat ini, FIFA diketahui tengah berdiskusi dengan AFF untuk mewujudkan rencana tersebut. Infantino pun menyatakan, bahwa FIFA perlu bergandengan tangan dengan AFF untuk memajukan sepakbola di Asia Tenggara.

"Saya pikir kita perlu bergandengan tangan untuk membawa turnamen ini, seperti sepakbola di seluruh wilayah lain, untuk mencuat ke benua dan dunia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini