Share

Juventus Diduga Palsukan Laporan Keuangan, Nama Cristiano Ronaldo Ikut Terseret

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 47 2510520 juventus-diduga-palsukan-laporan-keuangan-nama-cristiano-ronaldo-ikut-terseret-ZLBt7n2iJ9.jpg Cristiano Ronaldo ikut terseret kasus Juventus (Foto: Reuters)

TURIN โ€“ Juventus tengah mendapatkan sorotan di sepakbola Italia karena tuduhan pemalsuan laporan keuangan. Kasus ini turut menyeret nama mantan megabintang Juventus yang pindah ke Manchester United pada bursa transfrer musim panas 2021, Cristiano Ronaldo.

Demi melakukan penyelidikan, Lembaga penegak hukum Italia di bawah wewenang Menteri Ekonomi dan Keuangan, Guardia di Finanza, bahkan sudah datang ke markas Juventus, Continassa, Jumat 26 November 2021. Petinggi Juventus, seperti Andrea Agnelli (Presiden Juventus), Pavel Nedved Wakil Presiden Juventus) dan Fabio Paratici (eks Direktur Olahraga Juventus yang kini menjabat di Tottenham Hotspur) juga telah diperiksa pihak berwajib.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Il Corriere dello Sport melaporkan, bahwa Guardia di Finanza ingin mendapatkan dokumentasi akuntansi, non-akuntansi, perbankan, dan korespondensi yang mengacu pada setiap operasi mulai Juli 2018 hingga seterusnya. Oleh sebab itu, nama Cristiano Ronaldo muncul ke permukaan.

BACA JUGA: Diduga Akali Laporan Keuangan, Nedvel Pastikan Performa Juventus Tak Terganggu

Sebagaimana diketahui, pemain Portugal itu datang ke Juventus dari Real Madrid pada musim panas 2018. Pemain 36 tahun itu bermain selama tiga musim di Juventus sebelum pulang ke Man United.

Sekarang, Kantor Kejaksaan Umum Turin dilaporkan tengah menyoroti dua situasi yang tampaknya dirahasiakan Juventus dari badan-badan berwenang. Pertama, berkaitan dengan aktivitas transfer Juventus dengan Atalanta yang melibatkan Merih Demiral dan Cristian Romero. Kedua, berkaitan dengan perjanjian pribadi soal kontrak dan utang gaji Cristiano Ronaldo.

Menurut laporan Football Italia, kedua situasi telah didefinisikan sebagai โ€˜dokumen yang merupakan tubuh kejahatan atau dalam hal apa pun hal-hal berkaitan dengan kejahatan, juga untuk secara akurat merekonstruksi profil tanggung jawab individu tersangka.โ€™

Selain itu, polisi pun tengah menyelidiki kesepakatan setiap individu, termasuk pemain Juventus, dengan klub dalam periode lockdown karena pandemi virus corona yang dimulai pada Maret 2020 silam. Alhasil, para pemain dan staf harus menginformasikan gaji mereka mulai dari Maret, April, Mei, dan Juni.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Setelahnya, polisi akan menyelidiki remunerisasi, jenis kompensasi lain yang diterima karyawan atau eksekutif perusahaan untuk pekerjaan mereka, pada tahun berikutnya yang seharusnya berjumlah dua setengah bulan. Banyaknya penyelidikan ini menandakan Juventus dalam masalah besar.

Sekadar informasi, Lembaga Perlindungan Konsumen dan Lingkungan Italia (CODACONS), CONI (Komite Olimpiade Olahraga Italia), dan Asosiasi Olimpiade Italia ikut menyoroti kasus Juventus ini. Jika terbukti bersalah, Juventus bisa degradasi ke Serie B, seperti 2006 silam, dan kehilangan gelar juara Liga Italia mereka saat tindakan ilegal ini terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini