Share

Timnas Indonesia Andalkan 30 Pemain di Piala AFF 2020, Kode 4 Slot Tersisa Diisi Pemain Naturalisasi

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 51 2503612 timnas-indonesia-andalkan-30-pemain-di-piala-aff-2020-kode-4-slot-tersisa-diisi-pemain-naturalisasi-JWLBQD4VBv.jpg Ezra Walian salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang turun di Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan mendaftarkan 30 pemain untuk Piala AFF 2020, mengikuti batas maksimal pemain yang ditetapkan. Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah empat slot tersisa diisi pemain naturalisasi?

Sekadar informasi, sebelum berangkat ke Turki sebagai persiapan turun di Piala AFF 2020, pelatih Shin Tae-yong hanya memanggil 26 pemain. Sayangnya, dua pemain mengalami cedera yakni Syahrian Abimanyu dan Vava Mario Yagalo.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong akan bawa 30 pemain ke Piala AFF 2020)

Untuk posisi Vava Mario Yagalo digantikan Marcko Meraudje. Untuk Syahrian Abimanyu sengaja tidak dicari pemain pengganti. Sebab, Shin Tae-yong percaya Syahrian Abimanyu akan pulih dari cedera sebelum Piala AFF 2020 digelar per Minggu, 5 Desember 2021.

"Sebenarnya pendaftaran untuk Piala AFF 2020 boleh bawa 30 pemain. Akan ada tambahan pemain, dan sekarang belum bisa dipanggil karena harus memikirkan kompetisi," ujar Shin Tae-yong kepada awak media di Hotel Sultan, Jakarta medio pekan lalu.

"Kita sementara hanya bawa nama-nama ini (25 pemain). Akan ada beberapa pemain yang langsung gabung ke Singapura. Sudah ada dalam list saya (sisa empat pemain yang dibawa),” lanjut juru taktik asal Korea Selatan ini.

BACA JUGA: Penyerang Timnas Indonesia Tumpul, Shin Tae-yong Mainkan Kevin Diks sebagai Ujung Tombak di Piala AFF 2020?

Dari ucapan Shin Tae-yong di atas, mengindikasikan empat nama sisa akan langsung gabung ke Singapura. Ditengarai, keempat nama itu merupakan pemain keturunan yang sedang dibantu proses naturalisasinya.

Mereka ialah Kevin Diks (FC Copenhagen), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (KAS Eupen) dan Mees Hilgers (FC Twente). Untuk Kevin Diks, Sandy Walsh dan Jordi Amat mesti melalui proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Mees Hilgers

(Mees Hilgers bisa bela Indonesia di Piala AFF 2020)

Sebab, sebelumnya mereka pernah membela tim nasional kelompok umur negara lain. Beda halnya dengan Mees Hilgers.

Berhubung belum pernah bela negara lain, Mees Hilgers bisa seperti Irfan Bachdim dan Elkan Baggott. Bek 20 tahun ini bisa datang ke Indonesia untuk mengurus dokumen kependudukan.

Pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2020 memang sudah mepet, yakni pada 4 Desember 2021. Namun, berkat dukungan semua pihak, empat nama di atas berpeluang besar membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini