Share

10 Negara yang Lewati Babak Playoff demi Piala Dunia 2022: Sang Juara Eropa dan Portugal Ramaikan Persaingan

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 08:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 51 2502386 10-negara-yang-lewati-babak-playoff-demi-piala-dunia-2022-sang-juara-eropa-dan-portugal-ramaikan-persaingan-8ZRJg6WVrq.JPG Timnas Italia harus melewati jalur playoff usai gagal menjadi juara Grup C di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. (Foto: Reuters)

KUALIFIKASI Piala Dunia 2022 Zona Eropa sudah hampir berakhir. Ada banyak tim besar yang langsung lolos ke Piala Dunia 2022, tapi ada juga yang justru harus menempuh babak playoff untuk bisa mendapatkan tiket ke kompetisi empat tahunan itu usai gagal menjadi juara di fase grup kualifikasi tersebut.

Tercatat sembilan negara sudah mengamankan satu tiket ke Piala Dunia 2022 usai menjuarai masing-masing grup di babak kualifikasi tersebut. Kesembilan negara itu adalah Serbia, Spanyol, Swiss, Prancis, Belgia, Denmark, Kroasia, Inggris, dan Jerman.

Hanya Grup G yang belum ketahuan siapa yang lolos langsung karena Belanda, Turki, dan Norwegia masih memiliki kesempatan untuk finis di urutan pertama. Nantinya tim-tim yang berada di posisi runner-up masih diberi kesempatan untuk tampil di Piala Dunia 2022 dengan melewati playoff.

Baca Juga: Timnas Italia Terlempar ke Playoff, Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022 Layaknya 2018?

Irlandia Utara vs Italia

Untuk zona Eropa, 12 tim tepatnya akan bersaing memperebutkan tiga tiket ke Piala Dunia 2022 melalui babak playoff tersebut. 10 tim runner-up grup di kualifikasi dan dua tim lagi (Repubik Ceko dan Austria) berasal dari jalur UEFA Nations League.

Jadi, sejauh ini tim-tim yang masuk ke jalur playoff sudah ada 10 negara, yakni Portugal, Swedia, Italia, Wales, Skotlandia, Rusia, Polandia, Makedonia Utara, Republik Ceko, Austria. Dua slot lagi akan diperebutkan Belanda, Turki, dan Norwegia dan sisanya Ukraina atau Finlandia.

Nantinya ke-12 tim yang melewati babak playoff akan terbagi tiga jalur. Masing-masing jalur berisikan empat tim dan setiap tim maksimal akan bermain dua kali, yang berarti semifinal lalu ke final.

Pemenang masing-masing jalur tersebutlah yang bisa mendapatkan tiket terakhir ke Piala Dunia 2022 dari zona Eropa. Jadi, hanya tiga dari 12 tim playoff yang bisa melanjutkan perjalanan ke Qatar.

Menariknya di playoff kali ini terdapat tim-tim besar yang akan saling sikut demi tiket terakhir ke Piala Dunia 2022. Siapa lagi kalau bukan Italia yang berstatus juara Piala Eropa 2020, Portugal yang dipimpin Cristiano Ronaldo, dan Polandia yang memiliki mesin gol seperti Robert Lewandowski.

Portugal vs Serbia

Baik Portugal dan Italia memiliki nasib yang sama-sama sial karena harus rela melepaskan tiket emas ke Piala Dunia 2022 secara langsung di laga pamungkas. Gagal menang di laga terakhir itu membuat Italia dan Portugal menempati posisi kedua di grup masing-masing.

Berikut 12 Negara yang Lewati Babak Playoff untuk Piala Dunia 2022:

1. Portugal

2. Italia

3. Rusia

4. Skotlandia

5. Swedia

6. Wales

7. Polandia

8. Makedonia Utara

9. Austria

10. Republik Ceko

11. Ukraina atau Finlandia

12. Belanda, Turki atau Norwegia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini