Optimis, Guardiola: Xavi Tahu Apa yang Diperlukan Barcelona untuk Bangkit

Tino Satrio, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 46 2499112 optimis-guardiola-xavi-tahu-apa-yang-diperlukan-barcelona-untuk-bangkit-161wSQtuSs.jpg Josep Guardiola. (Foto: Reuters)

BARCELONA – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, menyambut gembira penunjukan Xavi Hernandez sebagia juru taktik baru Barcelona. Menurutnya, Barcelona akan segera bangkit dari kondisi tak baik saat ini karena Xavi mengetahui jelas apa yang diperlukan tim tersebut.

Sebagaimana diketahui, Xavi Hernandez baru saja diperkenalkan sebagai pelatih baru di Barcelona. Sebagai mantan pelatih yang pernah sukses di Camp Nou, Guardiola yakin bahwa mantan anak asuhnya itu mampu bangkitkan Blaugrana -julukan Barcelona.

Xavi Hernandez

Guardiola sendiri menyempatkan waktu untuk datang ke acara penyambutan Xavi di Camp Nou, Senin 8 November 2021 malam WIB. Saat itu pula, ia mengatakan harapannya kepada anak asuhnya yang akan memikul beban untuk bangkitkan El Barca.

BACA JUGA: Xavi Hernandez Resmi Latih Barcelona, Iniesta dan Puyol Kompak Beri Selamat dan Dukungan

Menurutnya, eks gelandang sekaligus pelatih Barcelona itu sudah mengetahui seluk-beluk apa yang dibutuhkan Blaugrana. Di sisi lain, Guardiola menilai anak asuhnya itu memiliki dedikasi dan kualitas yang tinggi untuk bangkitkan Barcelona.

BACA JUGA: Baru Latih Barcelona, Xavi Hernandez Langsung Dibuat Geleng-Geleng Kepala

"Dengan kelasnya, dedikasi dan usahanya, saya yakin dia akan memperbaiki situasi klub," kata Guardiola dikutip dari Marca, Senin (8/11/2021).

Hal ini diyakini Guardiola karena DNA yang dimiliki Xavi sendiri sudah jelas tiki-taka. Terlebih, Xavi juga merupakan produk asli Barcelona, La Masia. Karena dari itu, Guardiola yakin bahwa eks gelandang Timnas Spanyol tersebut bisa membawa dampak yang positif.

"Dia mengerti apa yang dibutuhkan klub dan akan membawa energi positif, mengingat bagaimana dia menikmati sepakbola dan karena dedikasinya. Dia selalu melihat sisi positif dari segala hal," ujarnya.

Josep Guardiola

Lebih lanjut, ditunjuknya Xavi sebagai pelatih klub Catalan diyakininya sudah sangat tepat. Menurutnya, Xavi tentunya sudah mendapat dukungan dari banyak pihak termasuk presiden Jpan Laporta, dan para penggemarnya.

"Jika Joan Laporta dan dewan memilih Xavi, maka itu karena ada jutaan pro dan sedikit kontra," jelasnya.

Tentunya, hal ini sangat menarik untuk dinantikan bagaimana rekan Andres Iniesta itu menunggangi Barcelona. Mengingat, saat ini Barcelona butuh perombakan yang besar untuk bisa memainkan kembali ciri khas Barcelona yang hilang di tangan Ronald Koeman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini