Hasil Persija Jakarta vs Barito Putera di Pekan ke-11 Liga 1 2021-2022: Marco Motta Gagal Penalti, Laga Berakhir Imbang

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 22:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 49 2497498 hasil-persija-jakarta-vs-barito-putera-di-pekan-ke-11-liga-1-2021-2022-penalti-marco-motta-gagal-laga-berakhir-imbang-BTBkIOngLE.jpg Marko Simic merayakan gol ke gawang Barito Putera. (Foto/Persija Jakarta)

MAGELANG - Persija Jakarta gagal meraih kemenangan saat menghadapi Barito Putera pada pekan ke-11 Liga 1 2021-2022 di Stadion Moch Soebroto, Magelang. Macan Kemayoran hanya mampu bermain imbang dengan skor akhir 1-1. Pada laga tersebut, Marco Motta gagal mengeksekusi penatli menjelang pertandingan berakhir.

Jalannya Pertandingan:

Babak Pertama:

Laga berlangsung seru. Jual beli serangan dipertontonkan kedua tim sepanjang laga.

Laga baru berjalan 15 menit, Barito Putera mencuri keunggulan lebih dulu. Aksi individu Rafinha di sisi kiri lini depan diakhiri dengan umpan tarik menuju Aleksandar Rakic. Bomber berusia 34 tahun itu menyelesaikannya dengan dingin, 1-0 untuk Barito. 

Dua menit berselang, Persija merespon dengan memanfaatkan ruang di lini belakang Barito. Marko Simic yang menusuk dari sisi kiri lini serang melepaskan operan ke Riko Simanjuntak yang tak terkawal. Namun masih bisa diselamatkan penjaga gawang Aditya Harlan. 

Persija yang tidak mau tertinggal terus melancarkan tekanan melalui bola direct. Situasi set piece juga tidak disia-siakan oleh tim berjuluk Macan Kemayoran.

 Foto/Twitter

Pada menit 26, usaha anak asuh Angelo Alessio membuahkan hasil. Umpan Riko Simanjuntak yang berawal dari situasi tendangan bebas dihajar ke tiang jauh oleh tandukan Marko Simic, skor berubah imbang 1-1.

Laga dilanjutkan dengan pertempuran lini tengah. Kedua tim sama-sama berambisi mengontrol jalannya laga. 

Pada menit 35, Persija kembali mendapatkan peluang. Namun tandukan Marko Simic masih melebar. 

Pada menit 38, Luthfi Kamal melepaskan sepakan keras dari situasi set piece. Namun masih melebar, skor pun tak berubah hingga jeda. 

Babak Kedua 

Barito langsung tancap gas sejak awal babak kedua. Pada menit 50, Rafinha melakukan pergerakan tanpa bola gemilang dan menerima umpan terobosan, namun sepakannya mengenai bek Persija dan bola pun melebar. 

Sepak pojok yang dihasilkan dari momen tersebut menghasilkan peluang berbahaya lainnya. Namun, tandukan Bayu Pradana masih melebar tipis di sisi kanan gawang. 

Setelah peluang tersebut, intensitas permainan melambat. Para pemain nampaknya berkurang sedikit demi sedikit staminanya usai bermain serba cepat sejak awal laga. 

Alur laga pun berubah, Persija lebih nyaman membangun serangan dan mengontrol jalannya laga. Namun serangannya masih terus dipotong oleh Barito.

Foto/Twitter 

Pada menit 64, kemelut terjadi di kotak penalti Barito. Marco Motta yang menerima umpan sepak pojok menanduk bola dengan keras ke arah gawang, namun masih bisa digagalkan bek Barito. 

Bola yang memantul kaki Riko Simanjuntak lanngsung dilesakkan dengan keras, namun masih bisa dihalangi Nazar Nurzaidin. 

Jelang menit 70, pelatih Barito, Djadjang Nurjaman berinisiatif menambah daya gedor dengan memasukkan pemain berkarakter menyerang, yakni Beni Okto dan Buyung Ismu Lessy. Namun, Persija masih nyaman mengontrol jalannya laga. 

10 menit kemudian, pelatih yang kerap disapa Coach Djanur kembali melakukan perubahan dengan memasukkan Rizky Pora dan menarik keluar Aleksandar Rakic. Namun, Barito yang menerapkan blok pertahanan menengah masih kesulitan merebut bola dari tangan Persija. 

Jelang laga usai, laga dihentikan sementara, terjadi kisruh usai wasit menunjuk titik putih kala Riko Simanjuntak menjalin kontak tipis dengan penjaga gawang Aditya Harlan. Protes berdatangan dengan deras dari kubu Barito. 

Laga berhenti cukup lama hingga menit 100, wasit tetap pada pendiriannya memberi hadiah penalti untuk Persija. Marco Motta yang menjadi eksekutor malah gagal menjalankan tugasnya. 

Intrik tersebut menutup jalannya laga. Skor tak berubah hingga laga usai. 

Dengan hasil itu, Persija masih di peringkat kedelapan klasemen sementara dengan jumlah 14 poin, hasil tiga kemenangan, lima hasil imbang dan dua kekalahan. Barito masih berkutat di zona degradasi, tepatnya peringkat 16 dengan jumlah delapan poin, hasil dua kali menang, dua kali imbang dan enam kali kalah. 

Susunan Pemain: 

Persija XI (4-3-3): Andritany Ardhyasa; Marco Motta, Yann Motta, Maman Abdurrahman, Novri Setiawan, Rohit Chand, Tony Sutjipto, Adrianus Purnomo, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Alfriyanto Nico 

Pelatih: Angelo Alessio 

Barito Putera XI (4-3-3):Aditya Harlan; Dandi Maulana, Bagas Kaffa, Nurzaidin, M. Sani, Luthfi Kamal Baharsyah, Bayu Pradana, Syaharil, Ambrizal Umanialo, Aleksandar Rakic, Rafinha 

Pelatih: Djadjang Nurjaman

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini