Profil Martunis: Anak Angkat Cristiano Ronaldo yang Terapung di Laut 21 Hari, Begini Kehidupannya Sekarang

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 51 2490737 profil-martunis-anak-angkat-cristiano-ronaldo-yang-terapung-di-laut-21-hari-begini-kehidupannya-sekarang-3sOzIJwA5F.jpg Begini kabar terkini Martunis, anak angkat Cristiano Ronaldo (Foto: Instagram/@martunis_ronaldo)

MARTUNIS adalah sosok yang menggemparkan Indonesia pada 2004 silam. Dia adalah salah satu korban selama dari gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004. Bencana alam itu juga membuat Martunis menjadi anak angkat dari megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo.

Kisah Martunis berawal dari dirinya yang sedang bermain bola bersama teman-teman pada hari nahas itu. Ketika asyik bermain, tsunami datang ke tempat Martunis.

Martunis dan Cristiano Ronaldo (Foto: Instagram/@martunis_ronaldo)

Martunis bersama Ibu, yang bernama Salwa, dan kedua saudaranya, yaitu Salwa (kakak laki-laki, Nurul A’la) dan Annis (adiknya), berusaha menyelamatkan diri dengan menumpang ke mobil pick up tetangganya. Saat itu, sang ayah sedang bekerja di tambak.

Namun, upaya Martunis tidak berbuah manis. Sebab, mobil pick up tersebut tergulung oleh ombak tsunami. Hanya Martunis, yang berumur tujuh tahun, yang selamat dari mobil pick up tersebut.

Martunis terombang-ambing di laut selama 21 hari. Saat itu, sepotong kayu dan kasur dimanfaatkan Martunis agar tidak tenggelam. Martunis juga memanjat pohot untuk bertahan hidup.

BACA JUGA: Jelang Manchester United vs Liverpool, Cristiano Ronaldo Janji Bakal Bungkam Pengkritiknya

Namun, dia terbawa lagi ke laut, lalu akhirnya terdampar di rawa-rawa dekat makam Teungku Syiah Kuala. Penduduk pun menemukannya pada 15 Januari 2005.

Saat ditemukan, Martunis memakai jersey Tim Nasional (Timnas) Portugal bernomor punggung 10 milik Rui Costa. Hal itu mengundang perhatian dari dunia sepakbola, terutama para pesepakbola bintang.

Cristiano Ronaldo, yang saat itu tengah menjalani periode pertama di Man United, pun datang ke Aceh untuk bertemu Martunis. Cristiano Ronaldo pun mengangkat Martunis untuk menjadi anaknya.

Memiliki ayah angkat Cristiano Ronaldo, membuka jalan bagi Martunis untuk berkarier di luar negeri. Pada 2015, Martunis pun bergabung ke akademi sepakbola klub pertama Cristiano Ronaldo, Sporting Lisbon.

Martunis dan keluarga kecilnya (Foto: Instagram/@martunis_ronaldo)

Sayangnya, Martunis gagal berkarier di Eropa. Martunis hanya semusim menimba ilmu di Sporting Lisbon. Meski gagal berkarier di Eropa, Martunis cukup bersyukur atas kesempatan yang didapatkannya.

Tidak mengikuti jejak Cristiano Ronaldo di dunia sepakbola, Martunis memilih untuk menjadi youtuber dengan akun Martunis Ronaldo 07. Subscribers youtube Martunis kini sudah menyentuh 272 ribu.

Kini, Martunis hidup bahagia bersama sang istri, Sriwahyuni, yang dinikahi pada 31 Maret 2020. Keluarga kecil Martunis makin lengkap dengan kehadiran sang buah hati pada 23 April 2021 silam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini