Erik Botheim, Sahabat Erling Haaland yang Cetak 2 Gol saat Bodo/Glimt Bantai AS Roma

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 51 2490377 erik-botheim-sahabat-erling-haaland-yang-cetak-2-gol-saat-bodo-glimt-bantai-as-roma-Gcv7bQHJpi.JPG Erik Botheim pernah bermain bersama Erling Haaland di Timnas Junior Norwegia. (Foto/Instagram Erik Botehim)

BODO - Erik Botheim berhasil mencetak dua gol saat wakil Norwegia, Bodo/Glimt membantai AS Roma 6-1 dalam lanjutan laga Liga Konferensi Eropa 2021-2022, Jumat (10/22/2021) dini hari WIB di Stadion Aspmyra, Bodo, Norwegia. Pada laga tersebut, Botheim mampu mencuri perthatian.

Profil mengenai Botheim menarik diulas lantaran dirinya merupakan sahabat karib bintang Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland. Botheim menjadi teman Haaland ketika mereka membela Tim Nasional junior Norwegia.

Foto/Reuters

Tak seperti sekarang, dahulu, Botheim lebih jago. Dirinya diundang untuk uji coba bersama Barcelona pada usia 11 tahun, menjalani debut profesional di klub divisi ketiga Norwegia, Lyn, dan diboyong klub paling mapan di Norwegia, Rosenborg.

Baca juga: Penyebab AS Roma Dibantai Bodo/Glimt 1-6 di Liga Konferensi Eropa 2021-2022

Ketika Botheim berseragam Rosenborg, Haaland masih membela divisi kedua Norwegia, Bryne. Akan tetapi, karir Botheim redup di Rosenborg. Sang pelatih tidak lagi percaya kepadanya. Botheim pun dipinjamkan ke klub papan tengah, Stabaek.

Baca juga: Hasil Bodo/Glimt vs AS Roma di Liga Konferensi Eropa 2021-2022: Giallorossi Dihajar 1-6!

Bukannya makin bagus, Botheim malah tidak mencetak satu gol pun. Botheim pun dibuang layaknya barang yang sudah rusak. Rezeki tak kemana, Bodo/Glimt sedang berusaha keras mencari penyerang baru usai ditinggal bintang-bintangnya. Sebagai informasi, mereka baru saja merengkuh gelar liga pertamanya dengan rekor fantastis, yakni mencetak 103 gol dalam 30 laga!

Namun, prestasi itu harus dibayar mahal. Bintang mereka Jean Petter Hauge direkrut AC Milan, Philip Zinckernagel hengkang ke Watford. Selain itu, penyerang Kasper Junkel mencoba peruntungan ke Liga Jepang, bergabung bersama Urawa Red Diamonds.

Tekad pantang menyerah Botheim terbayar membuahkan hasil. Botheim diboyong klub yang berasal dari daerah Lingkar Arktik tersebut. Botheim menjadi jawaban atas permasalahan Bodo/Glimt yang tidak memiliki dana untuk merekrut pemain berkelas.

Foto/Reuters

Saat itu, tidak ada yang memperkirakan bahwa Botheim akan bangkit kembali. Publik sudah melupakannya. Tetapi, Botheim menjelma menjadi menjadi iblis di lini serang Bodo/Glimt.

Botheim langsung membuktikan diri dengan selalu mencetak gol di lima laga perdananya di Bodo/Glimt. Botheim juga memberi ucapan terima kasih karena sudah membuangnya kepada Rosenborg dengan mencetak gol pembuka pada laga yang berlangsung pada Minggu 16 Mei 2021 tersebut.

Dengan capaian, 18 gol dan delapan assist di semua kompetisi selama berseragam Botheim, menarik melihat klub elit mana yang berhasil meminangnya. Apakah Botheim bisa sesukses Haaland?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini