Timnas Indonesia U-23 Bungkam Tajikistan 2-1, Tanda Garuda Muda Lebih Kuat dari Vietnam?

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 51 2489108 timnas-indonesia-u-23-bungkam-tajikistan-2-1-tanda-garuda-muda-lebih-kuat-dari-vietnam-kBedXIxVmv.jpeg Timnas Indonesia U-23 menang 2-1 atas Timnas Tajikistan U-23 (Foto: Twitter/@PSSI)

DUSHANBE Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 menang 2-1 atas Timnas Tajikistan U-23 dalam laga uji coba di Central Republican Stadium, Tajikistan, Selasa 19 Oktober 2021, malam WIB. Dengan lawan yang sama, Timnas Vietnam U-23 tidak mampu memenangkan pertandingan.

Lalu, apakah ini bisa menjadi tolok ukur, bahwa Timnas Indonesia U-23 kini lebih kuat ketimbang Vietnam? Mari bahas performa Timnas Indonesia U-23 lebih dulu pada pertandingan semalam.

Amiruddin Bagus Kahfi (Foto: Twitter/@PSSI)

Timnas Indonesia U-23 memulai pertandingan dengan kurang baik. Sebab, baru lima menit babak pertama berjalan, gawang Timnas Indonesia U-23 sudah bobol oleh Shervon.

Setelah tertinggal, penampilan Timnas Indonesia U-23 pun membaik. Garuda Muda akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit 35 melalui sepakan jarak jauh Hanis Saghara.

BACA JUGA: 5 Calon Mesin Gol Timnas Indonesia U-23 Asuhan Shin Tae-yong, Nomor 1 Kesayangan Fakhri Husaini

Timnas Indonesia U-23 berusaha untuk berbalik unggul pada babak pertama, tetapi gagal. Upaya Timnas Indonesia U-23 baru berbuah hasil saat Amiruddin Bagus Kahfi mencetak gol pada menit ke-63.

Usai unggul, Garuda Muda mengendurkan permainan mereka. Pasukan Shin Tae-yong tampak ingin mempertahankan keunggulan mereka. Meski sempat kerepotan, Timnas Indonesia U-23 mampu menjaga keunggulan mereka hingga pertandingan berakhir.

Hasil sebaliknya diraih Vietnam yang tidak mampu menang atas Tajikistan pada 11 Oktober 2021. Tanpa dipimpin sang Pelatih, Park Hang-seo, Vietnam gagal menundukkan Tajikistan. Sekadar informasi, Park Hang-seo tidak menemani Vietnam muda karena sedang bersama tim senior pada waktu itu.

Pertandingan itu berjalan ketat sehingga gol baru terjadi jelang wasit mengakhirinya. Vietnam unggul lebih dulu melalui gol Le Juan Tu pada menit ke-82.

Shin Tae-yong (Foto: Twitter/@PSSI)

Namun, Rustam Soirov menyelamatkan Tajikistan dari kekalahan dengan mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-88. Pertandingan Vietnam kontra Tajikistan pun berakhir imbang 1-1.

Timnas Indonesia U-23 menang atas Tajikistan saat Vietnam tidak mampu melakukannya, tetapi itu tidak bisa menjadi acuan soal kekuatan Garuda Muda dengan Golden Stars Warriors. Laga uji coba hanya untuk mengukur kekuatan tim sebelum tampil di pertandingan sesungguhnya.

Namun, satu hal pasti adalah kemenangan atas Tajikistan bagus untuk Timnas Indonesia U-23 yang akan melawan Australia di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Sebelum berjumpa Australia, Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga uji coba lagi, yaitu melawan Timnas Nepal U-23.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini