Skuad Garuda Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Dijuluki Guus Hiddink-nya Indonesia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 51 2486224 skuad-garuda-lolos-ke-kualifikasi-piala-asia-2023-shin-tae-yong-dijuluki-guus-hiddink-nya-indonesia-09i1LOiZSz.jpg Shin Tae-yong pimpin latihan Timnas Indonesia. (Foto/PSSI)

SEOUL Timnas Indonesia berhasil lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan menyingkirkan Taiwan di babak playoff. Usai membawa tim asuhannya lolos, Shin Tae-yong mendapat julukan sebagai Guus Hiddink-nya Indonesia oleh media Korea Selatan, Khan.

Timnas Indonesia pada leg pertama babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 menuai kemenangan tipis saat berjumpa Taiwan. Tim Merah Putih menang dengan skor 2-1.

Foto/PSSI

Pada laga kedua, Indonesia bermain lebih baik lagi. Hasilnya, anak asuhn Shin berhasil meraih kemenangan telak dengan skor 3-0. Hasil itu membuat Indonesia lolos ke Kualifikasi Asia 2023 dengan agregat 5-1.

Baca juga: Timnas Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Sebut Sepakbola Tanah Air Bisa Berkembang

Seusai mengantarkan Timnas Indonesia menuju Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin mendapat pujian dari media negara asalnya, Korea Selatan. Shin Tae-yong dianggap mampu meningkatkan performa Evan Dimas dkk.

Baca juga: Timnas Indonesia Menang 3-0 Atas Taiwan, Shin Tae-yong Masih Kurang Puas

“Guus Hiddink-nya Indonesia, Shin Tae-yong. Dia membawa timnya meraih kemenangan pertama di level A setelah lebih dari satu tahun menjabat dan mengamankan tiket untuk babak kualifikasi ketiga Piala Asia,” tulis Khan.

“Shin, yang mengambil alih tongkat estafet Indonesia pada Desember 2019, memenangkan pertandingan pertama di tahun pertama dan 10 bulan masa jabatannya langsung beri dua kemenangan beruntun sekaligus,” sambung mereka.

Pada dua laga melawan Taiwan, permainan Indonesia memang sangat dominan. Tertilhat dari statistik, penguasaaan bola Timnas Indonesia selalu di atas 65 persen.

Foto/PSSI

Sedangkan secara taktikal, para pemain juga mulai bisa memahami dan bisa menerjemahkan strategi Shin Tae-yong yang mengkombinasikan umpan pendek.

Berikutnya, timnas Indonesia harus melanjutkan perjuangan mereka pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Tidak akan mudah, karena sejumlah tim kuat berpotensi menjadi lawan dari skuad arahan Shin Tae-yong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini