5 Pemain Lokal Terabaikan yang Dapat Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020, Nomor 2 Paling Pengalaman

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 51 2484488 5-pemain-lokal-terabaikan-yang-dapat-bantu-timnas-indonesia-juara-piala-aff-2020-nomor-2-paling-pengalaman-VZOWT7qZoe.jpg Rizky Pora bisa bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: Instagram/@riskypora26)

SEBANYAK lima pemain lokal terabaikan di era kepelatihan Shin Tae-yong. Sempat bertahun-tahun menjadi langganan Timnas Indonesia, pemain-pemain di bawah ini tak masuk hitungan pelatih Shin Tae-yong.

Padahal, tenaga dan pengalaman mereka saat Timnas Indonesia turun di Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022, berpotensi membantu skuad Garuda keluar sebagai juara. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain lokal terabaikan yang dapat bantu Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020:

5. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

Febri Hariyadi

(Foto: Persib.co.id)

Kecepatan, tusukan dan tendangan keras merupakan kelebihan yang dimiliki Febri Hariyadi. Kebetulan, winger-winger yang ada di skuad Timnas Indonesia saat ini tak ada yang berani menusuk ke pertahanan lawan layaknya Febri Hariyadi.

BACA JUGA: 5 Pemain Naturalisasi yang Berpotensi Bikin Timnas Indonesia Makin Kuat di Piala AFF 2020, Nomor 1 Bomber Tajam

Dari sekian winger, hanya Irfan Jaya (PSS Sleman) yang berani melakukan tusukan. Karena itu, tenaga pemain yang sudah mengemas dua assist bagi Persib Bandung di Liga 1 2021-2022 sangat dibutuhkan Timnas Indonesia.

4. Hansamu Yama Pranata (Bhayangkara FC)

Hansamu Yama

Hansamu Yama merupakan salah satu alasan kenapa gawang Bhayangkara FC baru kemasukan empat kali dalam enam laga awal Liga 1 2021-2022. Hanya saja, tenaga Hansamu Yama belum cukup menarik perhatian Shin Tae-yong.

Padahal, pemain asal Surabaya ini dikenal tangguh, baik saat berduel di bola-bola bawah maupun udara. Bahkan ketika membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2016, Hansamu Yama mengemas dua gol! Karena itu, pengalaman 18 kali membela Timnas senior Indonesia dapat jadi senjata mematikan bagi Hansamu Yama.

3. Rizky Pora

Rizky Pora

Pemain asal Ternate, Rizky Pora, dapat merepotkan pertahanan lawan lewat kecepatannya. Tentu masih hangat dalam ingatan bagaimana pemain milik Barito Putera ini mengacak-acak pertahanan Vietnam dan Thailand di Piala AFF 2016.

Kebetulan, di sektor winger kiri Timnas Indonesia saat ini pun tak ada yang terlalu menonjol. Ramai Rumakiek yang mencetak satu gol di laga Timnas Indonesia vs Taiwan juga belum benar-benar tampil prima, akibat cedera yang dialami.

2. Andik Vermansyah

Andik Vermansyah

Indonesia memiliki segudang winger lincah, salah satunya Andik Vermansyah. Pemain yang kenyang pengalaman main di Malaysia ini dapat jadi senjata mematikan Timnas Indonesia.

Tusukan maupun umpan silang Andik Vermansyah dapat memanjakan lini depan Timnas Indonesia. Terlebih jika Ilija Spasojevic (Bali United) dibawa ke Piala AFF 2020, umpan-umpan Andik diprediksi bakal dikonversi penyerang berpaspor Montenegro menjadi gol.

Dalam daftar ini Andik paling pengalaman. Selain membela Timnas Indonesia sejak 2012, ia juga sudah mencatatkan 26 penampilan bersama skuad Garuda.

1. Andritany Ardhiyasa

Andritany Ardhiyasa

Di era kepelatihan Simon McMenemy, Andritany Ardhiyasa merupakan kapten Timnas Indonesia. Namun, saat ini jangankan menjadi kapten, dipanggil Timnas Indonesia saja tidak.

Hanya saja, Andritany sekarang sedang cedera dan belum tahu pulih sampai kapan. Jika sembuh dalam waktu dekat, pengalaman kiper 29 tahun ini dapat diandalkan Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong.

Jadi, sederet nama di atas bakal membantu Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini