5 Pemain Hebat yang Tak Masuk Nominasi Ballon dOr 2021, Nomor 1 Bintang Bayern Munich

Cikal Bintang, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 51 2483902 5-pemain-hebat-yang-tak-masuk-nominasi-ballon-dor-2021-nomor-1-bintang-bayern-munich-bwreAT2wHr.jpg Lima pemain bintang yang tak masuk nominasi Ballon dOr 2021 (Foto: AS)

MAJALAH sepakbola kenamaan Prancis, Football France resmi merilis 30 daftar nama kandidat peraih penghargaan pemain terbaik di dunia, Ballon dOr edisi 2021. Akan tetapi, menurut laporan Sportskeeda, Minggu (10/10/2021), ada beberapa pemain hebat yang luput dalam daftar tersebut.

Total, ada lima pemain yang menurut laporan tersebut seharusnya layak masuk dalam daftar nama kandidat peraih Ballon dOr 2021. Kelima pemain tersebut memang memiliki penampilan impresif selama dua musim belakangan berdasarkan statistik.

Berikut lima pemain hebat yang tak masuk nominasi Ballon d’Or 2021:

5. Casemiro (Real Madrid/Brasil)

Casemiro (Foto: Reuters)

Casemiro bisa dibilang merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik saat ini. Pemain asal Brasil tersebut memiliki visi bertahan yang solid dan sulit ditembus. Bahkan, statistik Casemiro melampaui performa salah satu kandidat peraih Ballon d’Or 2021 yang berposisi serupa, NGolo Kante.

Benchbooster mencatat, Casemiro memiliki total 194 tekel dan intersep, 484 pemulihan setelah bertahan, dan 94 kali mengeblok serangan lawan. Catatan tersebut ditorehkan Casemiro hanya dalam 46 pertandingan bersama Real Madrid dan Tim Nasional (Timnas) Brasil.

Sementara itu, Kante hanya memiliki 181 tekel dan intersep, 365 pemulihan setelah bertahan, dan 75 blok serangan lawan dalam 48 pertandingan di Chelsea dan Timnas Prancis. Tentu saja, catatan ini patut dipertanyakan mengingat Casemiro juga berhasil membawa Timnas Brasil menjadi runner-up Copa America 2021.

4. Emiliano Martinez (Aston Villa/Argentina)

Emiliano Martinez (Foto: Reuters)

Penjaga gawang Aston Villa dan tembok kukuh Timnas Argentina, Emiliano Martinez, tak masuk dalam daftar nama kandidat peraih Ballon dOr 2021. Padahal, Martinez berhasil tampil impresif dalam dua musim belakangan.

Meski masuk dalam nominasi kandidat peraih Yashine 2021, kiper berusia 29 tahun tersebut dirasa layak mendapatkan lebih. Pasalnya, ia merupakan salah satu pemain kunci yang membantu Timnas Argentina menyudahi puasa gelar Copa America pada tahun ini.

Selain itu, mantan penjaga gawang Arsenal tersebut juga merupakan pemain kunci penampilan impresif Villa. Selama 44 kali bermain bersama Villa, ia berhasil mencatatkan 18 cleansheet dan membawa timnya menjadi salah satu pasukan yang patut diperhitungkan.

3. Federico Chiesa (Juventus/Italia)

Federico Chiesa (Foto: Reuters)

Nama Federico Chiesa secara mengejutkan tidak masuk dalam daftar nama kandidat peraih Ballon dOr 2021. Padahal, Chiesa merupakan salah satu talenta muda yang menjadi pemain kunci Juventus dan Timnas Italia.

Pemain berusia 23 tahun tersebut tampil sangat menjanjikan bersama Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- selama gelaran Piala Eropa 2020. Tercatat, ia merupakan penyelamat Timnas Italia di semifinal Piala Eropa 2020 setelah gol pentingnya ke gawang Timnas Spanyol.

Tak hanya itu, mantan pemain Fiorentina tersebut juga merupakan sosok kunci di Juventus. Musim lalu saja, ia mencatatkan delapan gol dan delapan assist dalam 30 pertandingannya bersama Bianconeri -julukan Juventus. Oleh karena itu, banyak pertanyaan muncul mengapa Chiesa tidak masuk dalam daftar nominasi kandidat peraih Ballon d’Or 2021.

2. Jan Oblak (Atletico Madrid/Slovenia)

Jan Oblak (Foot: UEFA)

Jan Oblak berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu penjaga gawang paling konsisten dalam 3-4 musim terakhir. Penampilan impresifnya bahkan bisa membawa Atletico Madrid menyudahi puasa gelar Liga Spanyol pada musim lalu.

Bahkan, statistik Oblak jauh lebih baik daripada Gianluigi Donnarumma yang masuk dalam calon peraih Ballon d’Or 2021. Selama 38 pertandingan, Oblak membukukan 80 persen penyelamatan, sedangkan Donnarumma hanya mencatatkan 70 persen.

Selain itu, ia juga berhasil melampaui catatan Donnarumma dalam potensi kebobolan (0,66/ pertandingan dibanding 1,03/ pertandingan). Meski begitu, Oblak juga termasuk dalam nominasi peraih Yashin 2021 berkat penampilannya bersama Atletico Madrid.

1. Thomas Muller (Bayern Munich/Jerman)

Thomas Muller (Foto: Reuters)

Thomas Muller bisa dibilang sebagai pemain penting Bayern Munich. Musim lalu saja, ia berhasil mencatatkan 11 gol dan 18 assist di Liga Jerman. Meski begitu, ia seperti tertutupi bayang-bayang rekan setimnya, Robert Lewandowski.

Padahal, pemain berpaspor Jerman ini juga merupakan kunci bagi Die Rotten -julukan Bayern Munich. Kecerdasan Muller menempatkan posisinya, caranya mengolah bola, dan mencari ruang membuat Lewandowski dan Serge Gnabry bisa bergerak bebas tanpa kawalan.

Oleh karena itu, banyak orang mempertanyakan mengapa pemain berusia 32 tahun tersebut tak masuk dalam nominasi Ballon dOr 2021. Padahal, ia telah tampil luar biasa dalam dua musim belakangan bersama Timnas Jerman dan Bayern Munich.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini