Share

Susah Payah Kalahkan Latvia, Van Dijk Akui Belanda Sempat Kesulitan

Cikal Bintang, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 51 2483636 susah-payah-kalahkan-latvia-van-dijk-akui-belanda-sempat-kesulitan-Fm830ENM7H.jpg Laga Timnas Latvia vs Timnas Belanda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. (Foto: Reuters)

RIGA – Bek Tim Nasional (Timnas) Belanda, Virgil Van Dijk, mengomentari hasil laga kontra Latvia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Mendapati timnya bersusah payah merebut kemenangan dalam laga itu, Van Dijk pun mengakui bahwa Belanda sepat kesulitan.

Bermain di Daugava Stadium, Riga, Latvia pada Sabtu (9/10/2021) dini hari WIB, Belanda mampu menang atas tuan rumah dengan skor tipis 1-0. Hasil ini melanjutkan tren positif di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Satu-satunya gol dalam pertandingan itu dicetak oleh Davy Klaassen (19’).

Timnas Latvia vs Timnas Belanda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Foto: Twitter/@onsoranje

Usai pertandingan, Van Dijk mengatakan bahwa De Oranje -julukan Belanda- memiliki keuntungan karena berhasil mencuri gol di awal pertandingan. Sebab, Latvia memiliki daya juang yang tinggi karena sempat mengancam di menit-menit kritis.

BACA JUGA: Hasil Latvia vs Belanda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Van Dijk Dkk Menang Tipis

“Kami tahu sebelumnya bahwa Latvia akan menjadi lawan yang tangguh. Mereka memiliki semangat juang yang kuat dan tidak pernah menyerah, menempatkan kartu mereka pada serangan balik cepat,” ujar Van Dijk dikutip dari laman resmi Timnas Belanda, Sabtu (9/10/2021).

BACA JUGA: Latvia vs Belanda, Louis van Gaal Tak Mau Memphis Depay Cs Remehkan Lawan

“Kami mendominasi permainan, mencetak gol relatif lebih awal dan memiliki peluang yang cukup untuk memperpanjang keunggulan kami, tetapi pada akhirnya membutuhkan penyelamatan brilian di menit-menit terakhir oleh kiper kami untuk membawa pulang kemenangan 1-0 ini,” ungkapnya.

Pernyataan penggawa Liverpool itu diamini oleh sang pelatih, Louis Van Gaal, yang mengatakan Latvia sulit ditaklukkan. Van Gaal menuturkan kreativitas lini serang De Oranje dirasa kurang sehingga sulit menembus tembok tebal tim tuan rumah.

“Selalu sulit untuk melawan negara-negara Baltik (layaknya Latvia) dan menemukan ruang di antara garis pertahanan ganda mereka,” ucap Van Gaal.

Timnas Latvia vs Timnas Belanda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Foto: Twitter/@onsoranje

“Anda membutuhkan semangat kreatif untuk menembus tembok ini dan Anda bisa mengatakan bahwa kami (Timnas Belanda) tidak memilikinya malam ini,” jelasnya.

Selanjutnya, Belanda akan menghadapi Gibraltar. Laga ini aakan digelar pada 12 Oktober 2021 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini