Macam-Macam Tendangan Sepak Bola

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 51 2483126 macam-macam-tendangan-sepak-bola-X6U2QXVZdh.jpg Berikut macam-macam tendangan sepak bola. (Foto: Reuters)

MACAM-macam tendangan sepak bola ada banyak jenisnya. Meski begitu, seluruh macam tendangan ini menarik untuk dipelajari karena sepak bola sendiri memang menjadi olahraga yang sangat digemari di Indonesia ataupun dunia.

Sepakbola merupakan cabang olahraga bola besar yang dimainkan menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

BACA JUGA: 2 Macam Tendangan Bebas dalam Permainan Sepakbola

Tujuan utama dari permainan sepak bola yakni untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke gawang lawan. Permainan ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput.

BACA JUGA: Mengenal Induk Organisasi Sepak Bola Internasional

Salah satu teknik dasar sepak bola adalah menendang untuk memasukkan bola kegawang lawan. Ada banyak sekali teknik menendang bola dan juga macam tendangannya. Nah, pada kesempatan kali ini, Okezone akan membahas mengenai macam-macam tendangan sepakbola.

1. Tendangan Bebas

Tendangan bebas disebut juga dengan free kick adalah tendangan yang didapatkan ketika tim lawan melalukan pelanggaran di luar kotak penalti. Tendangan bebas dapat dilakukan jika terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh tim lawan.

Macam-macam tendangan sepak bola

(Lionel Messi saat berlaga)

Tendangan bebas berbeda dengan penalti. Jika dalam pelanggaran disebabkan oleh tim lawan dan dilakukan di area kotak penalti, tendangan tersebut merupakan penalti. Tendangan ini dilakukan di titik penalti tanpa dihadang oleh tim lawan.

Sementara itu, tendangan bebas dapat dilakukan di titik mana saja kecuali kotak penalti. Jika tendangan terlalu dekat dengan gawang, tim lawan hanya boleh menghadang bola dengan pagar betis dengan jarak sekira 9 meter. Pagar ini berisikan pemain lawan yang berjejer sekira 3-5 orang.

Selain berjejer, pagar betis harus menempatkan pemain-pemainnya berdempetan dengan tangan menutup dada dan organ vital lainnya. Tendangan bebas sendiri terdiri dari 2 macam, berikut jenisnya:

Tendangan Bebas Berdasarkan Jarak

- Tendangan Bebas Jarak Jauh

Tendangan bebas jarak jauh adalah tendangan yang terjadi dengan jarak yang terlalu jauh dari gawang, umumnya tendangan ini tidak perlu penjagaan pagar betis dari lawan. Biasanya, tendangan bebas bisa melambung jauh atau bisa dioper kepada pemain terdekat. Tendangan ini kerap terjadi di tempat pelanggaran di daerah musuh atau dekat area penalti lawan.

- Tendangan Bebas Jarak Dekat

Tendangan bebas jarak dekat merupakan tendangan yang terjadi dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari gawang, kebalikan dari tendangan bebas jarak jauh. Tendangan ini akan ada penjagaan oleh pemain yang membuat pagar betis.

Tendangan ini dapat dijadikan umpan atau ditendangkan lagi secara langsung. Karena ada penjagaan dari pagar betis, peluang terjadinya gol pada tendangan jenis ini tak sebesar tendangan penalti.

Tendangan Bebas Berdasarkan Teknis

- Tendangan Bebas Langsung

Tujuan dari tendangan bebas langsung yaitu menendang secara langsung ke gawang dan mencetak gol secara langsung. Pemberian tendangan ini diberikan karena adanya pelanggaran-pelanggaran seperti di bawah:

• Berusaha menendang lawan

• Mendorong lawan

• Meludahi lawan

• Memukul lawan dengan sengaja

• Menabrak lawan

• Melakukan Handsball

• Menarik pakaian lawan

Jika terjadi pelanggaran yang menyentuh bola (handsball) wasit sepakbola harus jeli karena ada beberapa pertimbangan yang dinilai sebagai pelanggaran handsball, seperti:

• Menyentuh bola dengan sengaja

• Mengubah laju bola dengan benda yang ada di lapangan

• Kesengajaan pemain dalam menghalangi laju bola

• Posisi tangan menghalangi bola

• Tendangan bebas tidak langsung

Kebalikan dari tendangan bebas langsung, tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan bebas yang tidak langsung diarahkan ke gawang, melainkan si penendang mengumpan bola ke rekan timnya untuk mengecoh tim lawan. Selain itu, tendangan jenis ini juga dapat dilakukan karena:

Macam-macam tendangan sepak bola

(Cristiano Ronaldo sedang beraksi)

• Pemain melakukan tindakan berbahaya

• Offside

• Membahayakan pemain yang lain

• Memegang bola lebih dari 6 detik (hanya berlaku penjaga gawang)

• Mengambil bola yang dilepas secara sengaja (hanya berlaku penjaga gawang)

• Menghalangi kiper ketika hendak menendang bola dari tangan

• Menghadapi serangan lawan secara pasif untuk menghentikan laju pemain lawan

• Menghalangi pergerakan pemain lawan dengan badan/anggota tubuh

2. Tendangan penalti

Tendangan penalti merupakan tendangan yang dilakukan jika terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti tanpa adanya penjagaan/pagar betis dari lawan. Jenis tendangan ini dilakukan tanpa ada benteng atau penjagaan di area kotak pinalti dengan jarak 11 meter. Di dalam tendangan ini, penjaga gawangnya berhadapan langsung dengan penendang.

Pemberian tendangan penalti paling sering menentukan bola masuk gawang, jenis tendangan ini dianggap yang paling mudah untuk mencetak gol. Penyebab terjadinya tendangan penalti dikarenakan adanya pelanggaran di kotak penalti yang dilakukan oleh tim yang bertahan terhadap tim yang menyerang.

Tendangan penalti pada sepakbola juga bisa disebabkan oleh kedudukan yang seri selama pertandingan meskipun sudah selesai babak tambahan guna untuk menentukan tim pemenang.

Untuk tendangan penalti sendiri ada 2 jenis, yakni bola mutlak dan bola tidak mutlak. Peraturan bola mutlak ialah tim yang kalah diberikan kepada mereka yang telah gagal satu kali dalam melakukan tendangan sedangkan lawannya sudah memasukkan bola.

Peraturan bola tidak mutlak adalah pemenang penalti bola tidak mutlak yaitu yang memiliki selisi dua sampai tiga skor. Berikut adalah beberapa peraturan dalam melakukan tendangan penalti:

• Bola harus berada di titik tendangan penalti

• Pemain yang tidak menendang bola, memberi jarak 9,15 meter ke belakang atau lebih

• Jika pemain yang menendang melanggar peraturan, mungkin wasit mengizinkan tendangan diulangi, jika bola yang ditendang masuk maka harus diulang, jika tidak maka wasit berhak menghentikan permainan dan memberi kesempatan tim lawan untuk tendangan bebas

• Jika kiper melanggar aturan, maka bola yang masuk ke gawang dapat disahkan. Jika tidak, maka tendangan tersebut harus diulangi.

3. Tendangan Sudut

Tendangan sudut dikenal juga dengan nama lain corner kick, adalah tendangan yang dilakukan di setiap garis sudut lapangan. Tendangan ini dilakukan jika pemain dan kiper mengambil bola yang melewati garis gawang atau ketika bola yang keluar terlebih dahulu menyentuh pemain lawan.

Saat tendangan sudut dimulai, wasit akan mengibarkan bendera dan menunjuk arah sudut lapangan. Tendangan ini yang paling ditungguoleh para pemain karena dapat memberi peluang untuk mencetak gol di gawang lawan.

Sekian dan semoga bermanfaat!                               

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini