2 Macam Tendangan Bebas dalam Permainan Sepakbola

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 51 2482311 2-macam-tendangan-bebas-dalam-permainan-sepakbola-JARGwAoAgw.JPG Tendangan bebas dalam permainan sepakbola. (Foto: Reuters)

TENDANG bebas dalam permainan sepakbola terbagi menjadi dua macam. Pertama tendangan bebas langsung dan kedua secara tidak langsung.

Menurut Protips DicksSportingGoods, tendangan bebas langsung berarti pemain bisa menendang bola ke gawang dan mencetak gol secara langsung dari free kick tersebut. Sementara tendangan bebas tidak langsung maka pemain sebelum mencetak gol, harus ada pemain lain yang menyentuh bola.

Tentunya untuk bisa mendapatkan tendangan bebas, harus ada pelanggaran yang terjadi. Jika pelanggaran terjadi, tim yang menjadi korban akan dihadiahi tendangan bebas oleh wasit.

Baca Juga: 6 Teknik Menendang Bola dalam Permainan Sepakbola, Wajib Diketahui

Macam tendangan bebas dalam permainan sepakbola

Di sepakbola, tendangan bebas bisa menjadi sangat penting karena pemain bisa mencetak gol dari bola mati tersebut. Namun, perlu diingat bahwa pemain harus memahami tendangan bebas langsung dan tidak lansgung sebelum mengeksekusinya.

Sebab jika mendapatkan tendangan bebas tidak langsung, maka Anda harus membuat rekan Anda menyentuh bola sebelum si kulit bundar tersebut bisa disahkan gol jika masuk ke gawang lawan.

Lantas bagaimana cara untuk mengetahui tendangan bebas langsung dan tidak langsung. Untuk tendangan bebas langsung yang dieksekusi denagn cara satu sentuhan saja, kesempatan itu diberikan jika ada empat skenario yang terjadi.

Pertama, melanggar pemain saat meloncat di udara, lalu kedua ketika menendang pemain lawan. Lalu ketiga melakukan suatu tekelan yang berbahaya dan yang terakhir menarik atau menabrak pemain lain.

Jika empat skenario itu terjadi, maka tendangan bebas secara langsung bisa dilakukan. Lalu untuk tendangan bebas tidak langsung, biasanya terjadi pelanggaran di daerah tim lawan.

Tendangan bebas dalam permainan sepakbol

Tapi biasanya tendangan bebas tidak langsung terjadi ketika ada kiper lawan memegang bola back pass yang diberikan oleh rekan setimnya. Lalu ada juga karena menyentuh bola secara langsung dari rekan sendiri yang melakukan lemparan ke dalam.

Jadi, kurang lebih begitulah dua macam tendangan bebas dalam permainan sepakbola. Tendangan bebas langsung dan tidak langsung terkadang bisa mengubah jalannya pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini