Penjelasan Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor pada Permainan Sepak Bola

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 51 2471856 penjelasan-gerak-lokomotor-dan-non-lokomotor-pada-permainan-sepak-bola-nEip7Ex5sN.jpg Gerak lokomotor dan non lokomotor pada permainan sepak bola (Foto: Reuters)

PENJELASAN gerak lokomotor dan non lokomotor pada permainan sepak bola bisa Anda ketahui di dalam artikel ini. Patut dicatat, terdapat perbedaan mendasar dari dua gerakan tersebut.

Mari bahas pengertian dari gerak lokomotor lebih dulu. Gerak lokomotor adalah gerakan yang membuat tubuh Anda berpindah posisi. Contoh gerakan ini, seperti berlari, melompat, dan menggiring.

Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor pada Permainan Sepak Bola

(Cristiano Ronaldo sebelum laga Young Boys vs Manchester United, foto: Reuters)

Sementara itu, gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukan di tempat dan tidak menyebabkan perpindahan posisi. Contohnya, seperti membungkuk, memutar, meliuk, menekuk, dan mengayun.

Gerak lokomotor dan non lokomotor tentu dilakukan oleh Anda di dalam pertandingan sepak bola. Selain dua gerak itu, ada juga gerak manipulatif.

BACA JUGA: 10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Apa gerak manipulatif itu? Gerak manipulatif adalah gerakan yang berkaitan dengan penguasaan atas sebuah objek. Dalam sepak bola, contoh dari gerak manipulatif adalah menangkap bola, melempar bola, dan menedang bola.

Sekadar informasi, ketiga gerak itu kerap dikombinasikan dalam sepak bola. Sebab, setiap gerakan dalam sepak bola memang berkaitan dengan ketiga gerak tersebut.

Contohnya, menendang bola merupakan gabungan dari gerak lokomotor dan manipulatif. Gerak lokomotor dalam menendang bola adalah saat berlari untuk mengambil ancang-ancang. Lalu, menendang bola tentu saja gerak manipulatif.

Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor pada Permainan Sepak Bola

(Cristiano Ronaldo usai mencetak gol untuk Manchester United saat lawan Newcastle United, Foto: Reuters)

Sementara itu, menghentikan bola merupakan gabungan dari gerak non lokomotor dan menipulatif. Menekuk lutut dan memposisikan kaki Anda saat bola datang termasuk gerak non lokomotor. Selanjutnya, menghentikan bola adalah gerak manipulatif.

Jadi, gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif pasti dilakukan dalam sepak bola. Akan tetapi, ketiga gerak itu juga dilakukan di cabang olahraga (cabor) lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini