Tertarik Bela Timnas Indonesia, Marko Simic Bisa Ikuti Jejak Cristian Gonzales?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 51 2469339 tertarik-bela-timnas-indonesia-marko-simic-bisa-ikuti-jejak-cristian-gonzales-EdsgKkHV0z.jpg Marko Simic, siap jika dinaturalisasi dan bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@markosimic_77)

PENYERANG Persija Jakarta, Marko Simic, baru-baru ini mengutarakan keinginannya membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Pesepakbola 33 tahun itu mengatakan sebuah kehormatan baginya jika dinaturalisasi dan dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

“Saya hanya ingin mengatakan itu (dipanggil Timnas Indonesia) akan menjadi sebuah kehormatan bagi saya. Saya sudah sangat lama di Indonesia dan semuanya bisa saja mungkin,” kata Marko Simic saat diwawancara di kanal YouTube OlahBola.

Marko Simic

(Marko Simic saat berlatih bersama Persija Jakarta. (Foto: Instagram/@markosimic_77)

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika benar dinaturalisasi, sanggupkah Marko Simic mengikuti jejak penyerang naturalisasi lainnya asal Uruguay, Cristian Gonzales? Sekadar informasi, pemerintah Indonesia menaturalisasi Cristian Gonzales pada 2010, atau di usia 34 tahun.

Meski sudah berusia kepala tiga lebih, Cristian Gonzales masih dapat diandalkan Timnas Indonesia. Tentu, masih hangat dalam ingatan ketika Cristian Gonzales mencetak dua gol krusial saat Timnas Indonesia menghadapi Filipina di semifinal Piala AFF 2010.

Saat itu, Cristian Gonzales mencetak masing-masing gol kemenangan 1-0 atas Indonesia dalam dua laga semifinal Piala AFF 2010. Akan tetapi, gol di leg II yang paling fenomenal, yang mana tembakan Cristian Gonzales dari luar kotak penalti menembus gawang Filipina yang dikawal Neil Etheridge. Neil Etheridge sempat bermain di Premier League bersama Cardiff City.

BACA JUGA: Penyerang Persija Jakarta Marko Simic Buka Peluang Bela Timnas Indonesia, Bagaimana PSSI?

Tercatat Cristian Gonzales lima tahun (2010-2015) membela Timnas Indonesia. Dalam periode tersebut, Cristian Gonzales mengemas 12 gol.

Secara usia, Marko Simic tak jauh berbeda dengan Cristian Gonzales ketika dinaturalisasi. Saat ini, Marko Simic berusia 33 tahun, atau satu tahun lebih muda ketimbang Cristian Gonzales saat dinaturalisasi.

Cristian Gonzales

(Cristian Gonzales sempat jadi andalan Timnas Indonesia)

Sekarang, dinaturalisasinya Marko Simic tergantung putusan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Menurut Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dua nama di atas yang berhak menilai pemain mana yang layak dinaturalisasi.

“Naturalisasi itu kebutuhan tim yang direkomendasikan pelatih dan direktur Teknik. Bukan kebutuhan PSSI, pengamat atau netizen. Selama pelatih tidak memberikan rekomendasi, apa yang harus PSSI naturalisasi?,” kata Yunus Nusi saat hadir di program Special Dialogue hasil kerja sama Okezone dan Sportstars.id.

Karena itu, menarik menanti keputusan apa yang diambil PSSI. Tentunya jika Marko Simic mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia, merupakan angin segar bagi skuad Garuda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini