Penyerang Persija Jakarta Marko Simic Buka Peluang Bela Timnas Indonesia, Bagaimana PSSI?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 49 2469302 penyerang-persija-jakarta-marko-simic-buka-peluang-bela-timnas-indonesia-bagaimana-pssi-xHDI026fRO.jpg Marko Simic siap bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@markosimic_77)

PENYERANG Persija Jakarta, Marko Simic, membuka peluang membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Menurut penyerang berpaspor Kroasia ini, sebuah kehormatan baginya jika mendapat panggilan membela Timnas Indonesia.

“Saya hanya ingin mengatakan itu (dipanggil Timnas Indonesia) akan menjadi sebuah kehormatan bagi saya. Saya sudah sangat lama di Indonesia dan semuanya bisa saja mungkin,” kata Marko Simic saat diwawancara di kanal YouTube OlahBola.

Marko Simic

(Marko Simic buka peluang bela Timnas Indonesia. (Foto: PT LIB)

Sekarang yang jadi pertanyaan, tertarik kah PSSI menaturalisasi penyerang 33 tahun tersebut? Sebelumnya dalam program Special Dialogue hasil kerja sama Okezone dan Sportstars.id, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan soal naturalisasi pemain ada di ranah Direktur Teknik Indra Sjafri dan Pelatih Shin Tae-yong.

Jika Indra Sjafri dan Shin Tae-yong menilai ada pemain yang layak dinaturalisasi, PSSI takkan tutup mata untuk membantu prosesnya.

“Naturalisasi itu kebutuhan tim yang direkomendasikan pelatih dan direktur Teknik. Bukan kebutuhan PSSI, pengamat atau netizen. Selama pelatih tidak memberikan rekomendasi, apa yang harus PSSI naturalisasi?,” kata Yunus Nusi saat hadir di program Special Dialogue hasil kerja sama Okezone dan Sportstars.id.

BACA JUGA: Jadwal Timnas Indonesia vs Chinese Taipei di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kehadiran Marko Simic sebenarnya sangat dibutuhkan Timnas Indonesia saat ini. Sebab, Timnas Indonesia tak benar-benar memiliki penyerang jempolan.

Ambil contoh saat Timnas Indonesia melakoni tiga laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia medio Juni 2021. Saat itu, sederet penyerang yang dibawa seperti Kushedya Yudo dan Osvaldo Haay (kerap dimainkan sebagai penyerang meski berposisi asli sebagai winger), gagal mencetak gol.

Marko Simic

(Marko Simic penyerang andalan Persija Jakarta. (Foto: Persija.id)

Marko Simic pun sudah cukup lama berada di Indonesia. Ia membela Persija Jakarta sejak 2018. Hebatnya di tahun pertama, Marko Simic langsung membantu Persija Jakarta juara Liga 1 2018.

Tak hanya sukses bersama tim, Marko Simic juga mentereng secara individu. Ia tercatat sebagai top skor Liga 1 2019 dengan koleksi 28 gol dari 32 pertandingan.

Jadi bagaimana PSSI, tertarik naturaliasi Marko Simic?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini