Hasil Uruguay vs Ekuador di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan: La Celeste Menang Dramatis

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 51 2469066 hasil-uruguay-vs-ekuador-di-kualifikasi-piala-dunia-2022-zona-amerika-selatan-la-celeste-menang-dramatis-ES3n7tivlf.jpg Uruguay menang dramatis atas Ekuador di kandang sendiri (Foto: Reuters)

MONTEVIDEO - Uruguay melawan Ekuador dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan. Laga akbar itu berlangsung di Estadio Campeon del Siglo, Montevideo, Jumat (10/9/2021), pagi WIB. Tampil dominan, Uruguay hanya mampu menang tipis 1-0 berkat gol di ujung pertandingan.

Uruguay vs Ekuador (Foto: Reuters)

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pertandingan sudah tersaji cukup panas di babak pertama. Kedua tim sama-sama terus mencoba membuka peluang dan membangun serangan untuk dapat menembus lini pertahanan lawan untuk mencetak gol pertama.

Menggunakan formasi yang lebih umum untuk tampil menyerang, Uruguay mampu menunjukan dominasi yang sedikit lebih baik di babak pertama. Tim asuhan Oscar tabarez terus mencoba menebar ancaman meski selalu berhasil dihalau oleh lini pertahanan Ekuador.

Di sisi lain, Ekuador lebih memilih untuk fokus bertahan untuk menghalau segala serangan dari Uruguay. Meski kalah dari sisi dominasi di lapangan, nyatanya, Ekuador juga membahayakan Uruguay dengan serangan balik yang beberapa kali dilakukan.

Pada menit ke-36, Agustin Alvarez Martinez sempat memberikan peluang emas untuk Uruguay dengan sundulannya di tengah kotak penalti dengan umpan silang yang diberikan oleh Rodrigo Bentancur. Sayangnya, sunulan itu meleset ke sisi kiri gawang Ekuador.

Beberapa tendangan bebas pun kerap didapatkan oleh kedua tim selama babak pertama. Sayangnya, belum ada yang menjadikan kesempatan tersebut untuk menjadi sebuah gol untuk tim masing-masing.

Ekuador sempat mendapatkan kesempatan yang cukup baik di menit menit akhir pertandingan. Fernando Gaibor yang mendapatkan tendangan bebas di luar kotak penalti langsung menembak ke arah gawang, namun masih terlalu tinggi. Uruguay dan Ekuador pun pasih 0-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

Ekuador mencoba untuk tampil lebih agresif di sepuluh menit pertama babak kedua. Melihat perubahan tersebut, Uruguay tidak mau kalah dan mempercepat tempo permainan.

Uruguay pun kembali mendominasi penguasaan bola di babak kedua. Namun, Ekuador juga terus mencoba menebar ancaman. Tim asuhan Gustavo Alvaro itu mendapatkan peluang emas di menit ke-58.

Fernando Gaibor mampu membuat kejutan di menit ke-58 dengan tembakan keras yang dilancarkannya dari luar kotak penalti. Namu,n tendangan tersebut mampu diselamatkan oleh Muslera sehingga masih tidak ada gol yang tercipta.

Pada menit ke-74, Ronald Ajuro memberikan peluang untuk Uruguay dengan sundulan yang dihasilkan dari umpan silang Giorgian de Arrascaeta. Sayangnya, sundulan tersebut harus meleset ke sisi kiri gawang Ekuador.

M. Vecino sempat memberikan harapan bagi Uruguay setelah berhasil membobol gawang Ekuador di menit ke-86. Namun, VAR menganulir gol tersebut karena Maximiliano Gomez dianggap offside.

Gaston Pereiro pun akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit ke-90+2 yang memberi keunggulan untuk Uruguay. Menggunakan umpan silang dari Nahitan Nandez, Gaston Pereiro mampu mencetak gol kemenangan Uruguay dengan sundulan cantiknya. Laga pun berakhir dengan kemenangan Uruguay 1-0.

Susunan Pemain Uruguay vs Ekuador:

Uruguay (4-3-1-2): F. Muslera; M Vina (J Piquerez ’73), R Araujo, J Gimenez, N Nandez; M Vecino, R Bentancur, F Valverde; G De Arrascaeta (G Pereiro ’80); B Rodriguez (F Martinez ‘84), Agustin Alvarez Martinez (M Gomez ’72).

Pelatih: Oscar Tabarez

Ekuador (5-3-2): P Ortiz; P Estupinan, P Hincapie, F Torres, L Leon (B Angulo '90+4), B Castillo; M Caicedo (A Mena '90+4), C Gruezo, F Gaibor (A Franco ’64); M Estrada (E Valencia ’84), G Plata.

Pelatih: Gustavo Alvaro

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini