Man United, Liverpool, Chelsea hingga Man City Tak Bisa Mainkan Pemain asal Brasil, Ini Alasannya

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 45 2468347 man-united-liverpool-chelsea-hingga-man-city-tak-bisa-mainkan-pemain-asal-brasil-ini-alasannya-lxnX5Xfve1.jpg Fred terancam tak bisa bermain membela Manchester United di Liga Champions 2021-2022. (Foto/Reuters)

LONDON – Sejumlah klub besar Liga Inggris tak bisa memainkan para pemainnya yang berasal dari Brasil di berbagai kompetisi. Penyebabnya, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) melarang sejumlah pemain dari negaranya untuk tampil di Liga Inggris dampak klub Liga Inggris melarang pemainnya untuk membela tim nasional.

Sebelumnya, sejumlah klub Liga Inggris melarang beberapa pemainnya untuk membela timnas. Terutama untuk negara yang masuk dalam daftar merah Covid-19 pemerintah Inggris, salah satu negra tersebut adalah Brasil.

Foto/Reuters

Hal itu dilakukan karena negara yang berada di dalam daftar merah membutuhkan waktu isolasi yang lebih banyak, yaitu selama 10 hari. Belum lagi risiko tertular Covid-19 dan juga cedera.

Baca juga: Buntut Penundaan Laga Brasil vs Argentina, 4 Pemain La Albiceleste Terancam Penjara

Namun, seperti dikabarkan BBC, Rabu (8/9/2021), kini klub-klub Liga Inggris itu menerima akibatnya. FIFA menganggap seharusnya pihak klub mempersilahkan para pemain membela timnas.

Baca juga: Anggap Timnas Argentina Lakukan Pelanggaran Berat, Anak Presiden Brasil Minta Lionel Messi Dkk Dihukum

Hal ini sendiri datang setelah datangnya keluhan dari Federasi Sepak Bola Brasil (CBF). Akibatnya, sejumlah pemain penting pun tak bisa membela Tim Samba pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sebagai akibatnya, sejumlah pemain Brasil yang tak dilepas dilarang untuk bermain. Larangan ini berlaku selama lima hari, mulai dari 10 hingga 14 September.

Klub-klub yang terdampak meliputi Liverpool, Manchester City, Chelsea, Manchester United dan Leeds United. Mereka memang tak memberikan izin kepada pemainnya untuk membela Timnas Brasil.

Foto/Man United

Dengan begitu, kelima tim tersebut tak bisa menurunkan pemain asal Brasil pada laga akhir pekan ini. Lebih parahnya, ada beberapa pemain yang juga harus absen di laga Liga Champions, seperti Thiago Silva (Chelsea) dan Fred (Man United).

Uniknya, CBF memberikan keringanan, agar FIFA mengizinkan Everton memainkan Richarlison. Pasalnya, Everton dianggap sudah berjasa dalam mengizinkan sang pemain membela Timnas Brasil di Olimpiade 2020 dan meraih medali emas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini