Share

5 Pemain Bintang yang Putuskan Pindah Negara, Nomor 1 si Tukang Rusuh

Hasyim Ashari, Jurnalis · Minggu 05 September 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 51 2466384 5-pemain-bintang-yang-putuskan-pindah-negara-nomor-1-si-tukang-rusuh-2zJ91RNSDv.jpg Lukas Podolski pilih bela Jerman dan meraih kejayaan di sana. (Foto: Instagram/@poldi_official)

SEJUMLAH pemain bintang memutuskan pindah negara. Mereka rela meninggalkan tanah kelahirannya demi bersaing di negara baru.

Ada serangkaian alasan kenapa si pemain memilih pindah negara. Ada yang demi mencari peruntungan baru, hingga berupaya mendapatkan prestasi lebih baik. Lantas, siapa saja pemain bintang yang dimaksud?

Berikut 5 pemain bintang yang putuskan pindah negara:

5. Miroslav Klose (Polandia ke Jerman)

Miroslav Klose

Miroslav Klose merupakan top skor Piala Dunia sepanjang masa. Ia tercatat mengemas 16 gol di ajang empat tahunan tersebut bersama Timnas Jerman, yang bermula dari Piala Dunia 2002 hingga 2014.

Namun, siapa sangka, Miroslav Klose sebenarnya bukan lahir di Jerman. Miroslav Klose lahir dan besar di Polandia. Alasannya dengan gabung Jerman, Klose bisa mendapatkan banyak trofi dan penghargaan. Benar saja, ia membantu Jerman juara Piala Dunia 2014.

4. Deco Souza (Brasil ke Portugal)

Deco Souza

Deco Souza memilih pindah warga negara dari Brasil ke Portugal. Alasannya karena di Brasil, tenaga Deco Souza disia-siakan.

Alhasil, sejak 2003 Deco tercatat sebagai pemain Timnas Portugal. Ia turun dalam 75 pertandingan dengan koleksi lima assist. Berkat bantuan Deco juga, Portugal lolos ke final Piala Eropa 2004.

3. Pepe (Brasil ke Portugal)

Pepe Lima

Sama seperti Deco, Pepe meninggalkan Brasil demi Portugal. Alasannya juga sama karena bakat Pepe disia-siakan Brasil.

Debut sejak 2007, Pepe mencatatkan 120 penampilan bersama Portugal dengan koleksi tujuh gol. Tercatat, Pepe sudah bermain di tiga Piala Dunia dan empat Piala Eropa. Dia merupakan bagian dari skuad Selecao das Quinas saat menjuarai Piala Eropa 2016.

2. Lukas Podolski (Polandia ke Jerman)

Lukas Podolski

Lukas Podolski sejatinya lahir di Polandia, namun dia juga tumbuh besar di Jerman, sehingga dia memiliki dua kewarganegaraan. Podolski memiliki kesempatan besar membela Timnas Polandia. Tapi pada akhirnya, dia lebih memilih untuk bergabung dengan Die Mannschaft -julukan Jerman.

Podolski juga sudah bergabung dengan Timnas Jerman sejak tahun 2004. Selama membela Jerman, ia mengemas 49 gol dari 130 penampilan, sekaligus membantu Die Mannschaft -julukan Timnas Jermanโ€“ juara Piala Dunia 2014.

1. Diego Costa (Brasil ke Spanyol)

Diego Costa

Diego Costa sejatinya sudah dua kali memperkuat Timnas senior Brasil pada 2013. Namun, karena berstatus laga persahabatan, Diego Costa masih bisa berkesempatan membela negara lain.

Tak lama setelah debut bersama Brasil, Diego Costa mendapatkan kewarganegaraan Spanyol. Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) langsung menghadap FIFA untuk menaturalisasi Diego Costa. Hal itu langsung dikabulkan lantaran sebelumnya Diego Costa hanya membela Timnas Brasil dalam laga uji coba yang tidak resmi.

Diego Costa tercatat mengemas 10 gol dari 24 penampilan bersama Timnas Spanyol. Ia merupaka juru gedor Spanyol saat turun di Piala Dunia 2018.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini