5 Negara dengan Tradisi Sepakbola Kuat yang Bisa Absen di Piala Dunia 2022, Nomor 1 Baru Saja Kalah

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Sabtu 04 September 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 04 51 2466102 5-negara-dengan-tradisi-sepakbola-kuat-yang-bisa-absen-di-piala-dunia-2022-nomor-1-baru-saja-kalah-7sYF2vXZDw.jpg Spanyol secara mengejutkan kalah dari Swedia (Foto: Reuters)

KUALIFIKASI Piala Dunia 2022 berlangsung dalam beberapa hari terakhir. Hasil-hasil mengejutkan terjadi dengan tumbangnya tim-tim besar.

Kekalahan ini bukan pertanda bagus karena jika tidak bisa bangkit, tim-tim besar itu mungkin kehilangan tempat di Piala Dunia 2022. Berikut lima negara dengan tradisi sepakbola kuat yang bisa absen di Piala Dunia 2022.

5. Kolombia

Timnas Kolombia (Foto: Reuters)

Kolombia berada dalam posisi yang tidak terlalu menyenangkan. Mereka bertengger di urutan kelima klasemen zona Amerika Selatan.

Tempat tersebut akan membawa mereka ke play-off antar-konfederasi. Sementara itu, Kolombia memiliki poin yang sama dengan Uruguay yang berada di atas mereka, namun hanya unggul dua poin dari Paraguay di bawah mereka.

4. Jepang

Timnas Jepang (Foto: Reuters)

Jepang merupakan salah satu kekuatan sepakbola terbesar di Asia. Mereka pun telah langganan di putaran final Piala Dunia. Penampilan Tim Samurai Biru bahkan selalu memunculkan kejutan tersendiri.

Hanya saja, Jepang tampak kesulitan di edisi kali ini. Tergabung di grup B zona Asia, Jepang masih tanpa poin usai menjalani laga pembuka. Takumi Minamino dan kolega berada di peringkat empat klasemen. Mereka berada di bawah Australia, Arab Saudi, dan Oman.

Masih ada banyak waktu tersisa. Akan tetapi, tim asuhan Hajime Moriyasu itu telah memulai kiprahnya dengan cara yang paling buruk, yakni kalah dari Oman. Sementara itu, dua tim teratas klasemen akan tampil di Piala Dunia, sedangkan posisi ketiga akan maju ke babak keempat.

3. Belanda

Timnas Belanda (Foto: Reuters)

Kualifikasi Eropa masih memiliki waktu yang cukup panjang. Akan tetapi, Belanda telah menemukan persaingan ketat di Grup G. Saat ini De Oranje berada di urutan kedua dengan koleksi tujuh poin.

Memphis Depay dan kawan-kawan memiliki poin yang sama dengan Montenegro dan Norwegia. Di puncak klasemen, ada Timnas Turki yang telah mengumpulkan delapan poin hingga saat ini.

Pelatih anyar Belanda, Louis van Gaal, harus berbenah dan merebut puncak klasemen dengan segera. Hal itu harus dilakukan demi mengamankan tiket ke babak selanjutnya.

2. Cile

Timnas Cile (Foto: Reuters)

Cile tengah berada dalam kesulitan di babak kualifikasi Piala Dunia edisi kali ini. Tim Amerika Selatan itu berada di urutan ketujuh dari 10 tim. Ini jelas menjadi PR besar bagi Cile untuk memperbaikinya meski masih ada waktu.

La Roja sejauh ini hanya bisa mengumpulkan enam poin dari tujuh laga yang telah mereka jalani. Jumlah itu terpaut jauh dari pemuncak klasemen, Brasil, yang telah mengumpulkan 21 poin. Terlebih lagi, Cile baru saja dikalahkan oleh tim Samba pada Jumat 3 September 2021.

1. Spanyol

Timnas Spanyol (Foto: Reuters)

Spanyol baru saja menderita kekalahan kualifikasi Piala Dunia pertama mereka sejak 1993 pada hari Kamis 2 September 2021. Kekalahan atas Timnas Swedia itu telah mengakhiri rekor 66 pertandingan beruntun mereka di babak kualifikasi.

Tak hanya itu, La Roja juga belum menemukan ritme yang tepat untuk kembali mengulangi kesuksesan negaranya di ajang Piala Dunia. Ada kebutuhan mendesak untuk menemukan penyerang haus gol yang dapat memberikan dampak signifikan di tingkat internasional.

Saat ini, Spanyol harus memenangkan semua pertandingan mereka dan berharap Swedia tergelincir untuk memiliki kesempatan mengambil tempat pertama di klasemen. Akan tetapi, mereka bisa saja kesulitan memenangkan semua sisa laga mereka di babak kualifikasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini