PSSI Kerja Sama dengan 7 Universitas demi Majukan Sepakbola Nasional

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 51 2457375 pssi-kerja-sama-dengan-7-universitas-demi-majukan-sepakbola-nasional-dLPMTAI9ma.jpg Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sebut kerja sama untuk pengembangan pemain. (Foto/PSSI)

JAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kerja sama dengan tujuh universitas di Indonesi. Kolaborasi diikat dengan penandatangan melalui daring, Rabu (18/8/2021)

Acara dihadiri Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan masing-masing rektor dari tujuh universitas. Tujuh universitas itu adalah Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia dan STKIP Pasundan.

Foto/PSSI

Adapun tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk pengembangan pemain-pemain yang berasal dari lingkungan akademik demi memajukan sepakbola Nasional. Di samping itu, PSSI juga fokus untuk menghasilkan pelatih berkualitas dari jalur akademik demi memenuhi kebutuhan pelatih berkualitas di Indonesia yang sangat banyak.

Baca juga: Mantap! Jakarta International Stadium Bakal Jadi Home Base Timnas Indonesia

Iriawan mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan tenaga pelatih fisik dan pemain yang berkualitas, pengembangan sport science dan pemanfaatan fasilitas kampus untuk keperluan Tim Nasional. Selain itu, kerja sama ini juga ditujukan untuk menciptakan instruktur baru berlisensi D dari jalur pendidikan S1 dan memberikan beasiswa bagi atlet-atlet berprestasi.

Baca juga: PSSI Konfirmasi Shin Tae-yong Tiba di Indonesia pada 18 Agustus 2021

"Ini penting karena kita tahu banyak bakat-bakat hebat lahir dari kampus. Kemampuan mereka juga tidak kalah dengan pemain Liga 2 atau Liga 1," kata Iriawan.

"Selain itu, dengan pendidikan yang mumpuni kita bisa menciptakan pelatih-pelatih profesional. Kami juga berencana untuk menyekolahkan pelatih-pelatih kita ke luar negeri" imbuhnya.

Pihak universitas juga menyambut baik kerja sama ini. Para rektor siap membantu perkembangan sepakbola Indonesia dengan mencetak pemain-pemain hebat dan fasilitas-fasilitas yang ada.

"Kami yakin kerja sama ini akan memberikan manfaat bagi PSSI dan juga bagi pihak kami," kata Rektor Universitas Negeri Padang.

"Di dalam upaya peningkatan prestasi olahraga tidak lepas dari teknologi. Kami berharap laboratorium Sport Science yang kami miliki bisa membantu kemajuan sepakbola nasional," jelas Rektor Universitas Negeri Jakarta.

Foto/PSSI

Iriawan mengatakan durasi kerja sama itu akan berlangsung selama lima tahun. Dia optimis sepakbola Indonesia bisa maju dalam kurun waktu tersebut.

PSSI juga merencanakan tur untuk melihat sarana dan prasarana masing-masing universitas yang bekerja sama. Namun, belum jelas kapan rencana tersebut akan dilakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini