Share

Cari Pengganti Georginio Wijnaldum, Liverpool Lirik Gelandang AS Monaco Ini

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 51 2457267 cari-pengganti-georginio-wijnaldum-liverpool-lirik-gelandang-as-monaco-ini-pCB2d40Es8.jpg Aurelien Tchouameni masuk radar Liverpool (Foto: Twitter/@atchouameni)

LIVERPOOL - Liverpool masih mencari pengganti Georginio Wijnaldum yang pindahke Paris Saint-Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas 2021. Kabarnya tim Merseyside Merah itu tertarik kepada gelandang AS Monaco, Aurelien Tchouameni, untuk menambal kepergian Wijnaldum.

Dilaporkan dari Liverpool Echo, Kamis (19/8/2021), The Reds –julukan Liverpool- menyiapkan dana sebesar 25 juta poundsterling (sekira Rp494 miliar) untuk mendatangkan gelandang AS Monaco itu. Harga tersebut terbilang cukup murah untuk seorang pemain yang masih memiliki sisa kontrak tiga tahun.

Georginio Wijnaldum (Foto: Instagram/@psg)

Selain itu, harga tersebut sangat terjangkau jika menilik kemampuan Tchouameni yang memiliki statistik cukup bagus pada musim lalu di Liga Prancis. Dia melakukan 97 tekel dan menjadi pemain dengan tekel terbanyak kedua di lima liga teratas Eropa. Akan tetapi, jika digabung dengan jumlah intercept, dia menjadi yang nomor satu.

BACA JUGA: Kembali Bela Liverpool Usai Absen 10 Bulan, Van Dijk Merasa Kelelahan

Pemain berusia 21 tahun itu juga memiliki kemampuan pressing yang bagus. Dengan tingkat keberhasilan pressing sebesar 36,6 persen, dia menjadi yang tertinggi dibanding pemain mana pun di Liga Prancis yang melakukan pressing ke lawan setidaknya 600 kali.

Angka keberhasilan pressing itu tidak berbeda jauh dengan statistik milik Wijnaldum. Gelandang, yang kini berseragam PSG itu, menekan lawan dan memulihkan penguasaan bola sebanyak 36,2 persen. Angka-angka tersebut menunjukkan, bahwa Tchouameni dapat meniru kemampuan memenangkan bola dari pemain Belanda itu.

Satu-satunya kemampuan Tchouameni yang belum selevel dengan Wijnaldum adalah  umpan panjang. Wijnaldum bisa mengirimkan umpan yang menempuh jarak lebih dari 30 yard (27 m) dengan tingkat keberhasilan 84,5 persen. Tchouameni hanya bisa mengirim umpan jauh dengan tingkat keberhasilan 67,7 persen.

Melihat angka-angka di atas, sepertinya Tchouameni memiliki kemampuan untuk menggantikan peran vital Wijnaldum di Liverpool. Dengan bursa transfer yang akan ditutup kurang dari tiga minggu, gelandang muda Prancis itu akan menjadi pilihan murah dan tepat bagi Jurgen Klopp.

Aurelien Tchouameni masuk radar Liverpool (Foto: Twitter/@atchouameni)

Jika transfer itu tidak terjadi, kemungkinan Klopp akan memaksimalkan gelandang-gelandang yang tersedia di skuadnya, seperti Alex-Oxlade Chamberlain dan Naby Keita. Mereka berdua mendapat menit bermain yang banyak dan tampil apik pada pertandingan pramusim kemarin.

Chamberlain dan Keita juga tampil dari menit pertama saat Liverpool mengalahkan Norwich City 3-0 pada pekan pertama Liga Inggris 2021-2022. Tanpa pembelian baru, Chamberlain dan Keita mungkin jadi penyelamat Liverpool pada musim ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini