Share

5 Transfer yang Kejutkan Jagat Sepakbola, Nomor 1 Bikin Rugi Barcelona

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 51 2455066 5-transfer-yang-kejutkan-jagat-sepakbola-nomor-1-bikin-rugi-barcelona-B7rKWQKDLu.jpg Lionel Messi resmi gabung PSG (Foto: Reuters)

BURSA Transfer adalah waktu bagi klub-klub mencari pemain-pemain hebat untuk memperkuat tim masing-masing. Terkadang, terjadi transfer kejutan yang sebelumnya dipikir tidak akan pernah terjadi.

Transfer kejutan biasanya melibatkan nama-nama besar atau bahkan pemain yang dipandang sebelah mata. Berikut lima transfer yang kejutkan jagat sepakbola, dilansir dari Sportskeeda, Jumat (13/8/2021).

5. Papy Djilobodji ke Chelsea (2015)

Papy Djilobodji (Foto: Sprotskeeda)

Chelsea adalah raksasa Inggris yang biasanya membeli pemain-pemain mahal berlabel bintang. Akan tetapi, hal unik terjadi pada bursa transfer musim panas 2015 ketika Chelsea merekrut Papy Djilobodji dari Nantes. Papy Djilobodji, yang biasa bermain sebagai bek tengah, pun menjadi perbincangan para pencinta sepakbola karena kualitasnya dianggap tidak istimewa.

Kabarnya, Chelsea merekrtu Papy Djilobodji karena gagal mendatangkan Raphael Varane dan John Stones. Pelatih Chelsea saat itu, Jose Mourinho, bahkan baru mendengar nama Papy Djilobodji saat pemain Senegal itu tiba di London.

Chelsea pun meminjamkan Papy Djilobodji selama enam bulan ke Werder Bremen pada musim dingin 2016. Saat kembali ke klub, Chelsea menjual Papy Djilobodji ke Sunderland. Pada akhirnya, Papy Djilobodji hanya membuat satu penampilan untuk Chelsea sebagai pemain penggati saat melawan Walsall. Dalam pertandingan itu, Papy Djilobodji hanya main 59 detik saja.

4. Jonathan Woodgate ke Real Madrid (2004)

Jonathan Woodgate (Foto: Reuters)

Jika Inggris memiliki Chelsea yang dikenal sebagai klub kaya raya, Spanyol punya Real Madrid. Madrid terkenal sebagai klub yang dihuni para pemain kelas wahid. Akan tetapi, pada musim panas 2004, Madrid merekrut Jonathan Woodgate dari Leeds United pada musim panas 2004.

Namun, Woodgate absen selama semusim karena dibeli dalam kondisi cedera. Woodgate debut saat Madrid melawan Athletic Bilbao pada 22 September 2005. Debut Woodgate berubah jadi mimpi buruk saat dia mencetak gol bunuh diri dan menerima kartu kuning kedua dari wasit.

Setelah debut yang buruk, karier Woodgate sempat membaik. Akan tetapi, cedera membatasi penampilan Woodgate untuk Los Blancos. Woodgate hanya tampil 14 kali untuk Madrid dengan torehan satu gol. Pemain berpaspor Inggris itu pun dipinjamkan ke Middlesbrough pada musim 2006-2007. Pada musim panas 2007, Madrid menjual Woodgate ke Middlesbrough secara permanen.

3. Arthur Melo – Miralem Pjanic (2020)

Arthur Melo (Foto: Sportskeeda)

Pertukaran pemain teraneh terjadi pada musim panas 2020 saat Barcelona merelakan Arthur Melo, yang baru berumur 24 tahun, demi gelandang veteran Juventus, Miralem Pjanic. Ketika Bianconeri meminta Arthur untuk dimasukkan ke dalam kesepakatan Pjanic, Barcelona justru menyetujuinya.

Bahkan, Barcelona memaksa Arthur untuk keluar demi mendapatkan Pjanic yang sudah berumur 30 tahun pada waktu itu. Sekarang, tenaga Pjanic justru sia-sia di Barcelona karena tidak masuk dalam rencana sang Pelatih, Ronald Koeman. Sementara itu, Artur pun tidak terlalu berkembang di Juventus.

2. Luiz Suarez ke Atletico Madrid (2020)

Luis Suarez (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

Barcelona kembali masuk dalam daftar ini. Pada musim panas 2020, Barcelona mengejutkan banyak pihak dengan menjual penyerang utama mereka dalam beberapa musim terakhir, Luis Suarez, ke Atletico Madrid. Barcelona melepas Suarez karena dianggap sudah tua. Suarez saat itu berumur 33 tahun.

Penjualan Suarez terbukti keliru karena El Pistolero justru mampu membawa Atletico juara Liga Spanyol 2020-2021. Barcelona justru finis ketiga pada klasemen akhir musim lalu.

1. Lionel Messi ke PSG (2021)

Lionel Messi (Foto: Reuters)

Posisi pertama dalam daftar ini tentu saja ditempati mantan kapten Barcelona, Lionel Messi. Messi, yang merupakan jebolan La Masia, gagal mengakhiri kariernya di Barcelona karena masalah finansial klub. Barcelona tidak bisa memperpanjang kontrak Messi karena tidak sanggup dengan gaji La Pulga.

Perpisahan penuh drama pun terjadi karena jika Messi ingin pergi pada tahun lalu, sekarang justru sebaliknya. Akan tetapi, Messi tidak bisa berbuat apa-apa sehingga harus pergi pada musim panas 2021.

Setelah konferensi pers perpisahan dengan Barcelona pada akhir pekan lalu, Messi resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) secara gratis pada Rabu 11 Agustus 2021. Barcelona kehilangan megabintangnya, sedangkan PSG mendapatkan sosok ikon baru.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini