Share

Lionel Messi ke PSG, Klub-Klub Liga Prancis Kecipratan Untung

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 51 2454116 lionel-messi-ke-psg-klub-klub-liga-prancis-kecipratan-untung-1BUAdFqKrR.JPG Lionel Messi akan membela PSG selama dua musim. (Foto/PSG)

PARIS – Kedatangan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) membuat klub-klub lain di Liga Prancis juga kecipratan untung. Situasi ini bisa dikaitkan dengan teori limpasan (runoff theory) dalam ilmu ekonomi.

Klub-klub berpotensi akan meraup keuntungan dari kenaikan hak siar. Datangnya Messi tentu berbanding lurus dengan hadirnya penonton baru Liga Prancis. Selain itu, ada juga potensi lain, seperti tiket, iklan, dan lain-lain.

Foto/Okezone

Presiden Lyon, Jean-Michel Aulas merupakan salah satu pihak klub yang merasa senang dengan kehadiran La Pulga di Liga Prancis. Dia pun turut angkat suara mengenai kemungkinan peningkatan pendapatan dari kesepakatan hak siar.

Baca juga: Beri Dukungan, Ronaldinho Doakan Lionel Messi Sukses di PSG

"Jika kedatangan Messi dikonfirmasi, itu akan menjadi luar biasa bagi kita semua. La Pulga akan menjadi nilai tambah bagi Hak siar TV dan nilai pasar Ligue 1. Anda tidak dapat membayangkan bahwa hak siar yang dijual oleh BeIN di luar negeri akan meledak dengan kehadiran Messi," ujar Aulas.

Baca juga: Lionel Messi Merapat, Pemain Argentina di PSG Bertambah Banyak

"Saya sangat yakin. Jika transfer ini berhasil, dengan Neymar dan Mbappe di sana, kami berada dalam posisi yang menguntungkan. Jika Qatar mengambil inisiatif untuk membangun tim hebat di PSG, kami semua akan senang. Bahkan, jika itu membuat kompetisi lebih sulit," sambungnya kemudian.

Di sisi lain, seorang ekonom olahraga, Jean-Pascal Gayant, berkata sebaliknya. Dia menganggap bahwa teori tersebut dalam praktiknya tidaklah sesederhana itu.

“Saya tidak bisa memastikan teori itu akan terjadi. Sebab, pada 2017 pernah terjadi juga kegembiraan yang sama, yakni ketika Neymar Jr dan (Kylian) Mbappe bergabung. Kita mendengar kabar bahwa itu akan meningkatkan pendapatan liga dan klub. Namun, kompetisi masih belum menarik,” ujar Gayant dilansir dari laman 20 Min, Rabu (11/8/2021).

Foto/PSG

Lebih lanjut, Gayant mengatakan bahwa peningkatan setelah kedatangan Messi tidak akan terjadi secara signifikan. Ada hal lain yang luput diperhatikan oleh pengamat lainnya.

“Saya tidak menganggap kenaikan besar-besaran terhadap hak siar di luar negeri akan terjadi. Sebab, yang membuat orang-orang tertarik menonton liga kita bukanlah sekedar kehadiran pemain bintang, namun juga keketatan dan persaingan antar klub di dalam liga itu sendiri,” terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini